Perdana, Rektor UIN Ar-Raniry Launching Program Wakaf Ar-Raniry

Banda Aceh, JBA – Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh launching program Wakaf Ar-Raniry pada hari Selasa, 19 September 2023. Acara ini berlangsung di Auditorium UIN Ar-Raniry bertepatan dengan hari Wisuda Mahasiswa UIN Ar-Raniry.

Program Wakaf Ar-Raniry ini menjadi program Wakaf Universitas pertama di Aceh yang diharapkan menjadi model Wakaf Universitas bagi kampus-kampus lainnya di Provinsi Aceh . Program ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Aceh. Wakaf Ar-Raniry ini dikelola oleh Lembaga Islamic Trust Fund UIN Ar-Raniry yang merupakan lembaga Zakat, Infaq, Sedekah dan Wakaf (ZISWAF) yang bernaung di bawah UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Lembaga yang bertugas untuk melakukan kegiatan penghimpunan, pengelolaan dan penyaluran dana ZISWAF ini memiliki motto “Menumbuhkan dan Memberdayakan”. Selain program Wakaf Ar-Raniry, Islamic Trust Fund UIN Ar-Raniry juga memiliki berbagai program lainnya, di antaranya adalah Batuan Biaya Pendidikan, Beasiswa Ar-Raniry, Santunan Bilal Masjid, Bantuan Dana Darurat Pendidikan dan lain-lainnya.

Dalam kata sambutannya, Rektor UIN Ar-Raniry mengatakan pihak kampus berkomitmen untuk membantu menyelesaikan masalah finansial yang dihadapi mahasiswa UIN Ar-Raniry selama proses kuliah di kampus UIN Ar-Raniry. Dengan harapan tidak ada lagi Mahasiswa UIN Ar-Raniry yang putus kuliah karena kendala finansial.

“Kita memiliki komitmen untuk tidak membiarkan mahasiswa berhenti kuliah karena tidak mampu membayar UKT, membayar sewa kos, biaya hidup, maupun biaya lainnya. Semua persoalan tersebut akan di atasi oleh lembaga yang mulia ini. Maka melalui Program Wakaf Ar-Raniry, melalui Lembaga Islamic Trust Fund ini kita akan bantu mengatasi masalah tersebut. Alhamdulillah, semester ini kita telah membantu 122 mahasiswa yang kurang mampu dengan memberikan bantuan biaya pendidikan.” Ucap Rektor UIN Ar-Raniry

Rektor UIN Ar-Raniry juga mengajak mahasiswa, alumni, seluruh civitas akademika UIN Ar-Raniry dan seluruh masyarakat lainnya untuk memberikan kontribusi hartanya di lembaga Islaimic Trust Fund UIN Ar-Raniry. Dengan harapan dana abadi UIN Ar-Raniry semakin bertambah dan penerima manfaat dari dana ini akan terus meluas.

Wakaf Ar-Raniry adalah wakaf dalam bentuk uang dan aset yang diberikan kepada Islamic Trust Fund UIN Ar-Raniry Banda Aceh untuk dikelola secara produktif. Adapun hasil dari wakaf produktif ini digunakan untuk kepentingan umum sesuai dengan ajaran Islam. Wakaf Ar-Raniry memiliki tujuan untuk memberikan manfaat dalam bentuk pengembangan pendidikan yang diwujudkan dalam beberapa program di antaranya adalah Beasiswa Pendidikan, Bantuan Penelitian, Layanan Kesehatan, Sarana dan Prasarana Pendidikan dan Pengembangan SDM Unggul.

Adapun penerimaan manfaat dari Wakaf Ar-Raniry ini adalah mahasiswa, tenaga kependidikan, dosen dan masyarakat Aceh yang menempuh pendidikan baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Penerima manfaat ini disalurkan dalam bentuk program Bantuan Biaya Pendidikan (BBP), Beasiswa Ar-Raniry (Beasiswa Prestasi), Beasiswa Tahfiz, Ar-Raniry Smart Scholarship, Beasiswa Riset, ITF Peduli, Kegiatan Dakwah Masjid dan lain-lainnya.

TERBARU

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT