Mursil: Udang Vaname Bisa Bangkitkan Ekonomi Warga Pesisir

Kuala Simpang, Jaringanberitaaceh.com – Bupati Aceh Tamiang Mursil SH MKn, Menteri Perikanan dan Kelautan Ernawati Trenggono memanen parsial kedua udang vaname di klaster pengembangan udang vaname terintegrasi, Kampung Dagang Setia, Kecamatan Manyak Payed, Kabupaten Aceh Tamiang, Kamis, 17 Maret 2022.

Mursil mengatakan panen ini dilakukan setelah tiga minggu panen parsial pertama.

“Dipanen ketiga atau keempat kita harap nanti Pak Menteri dapat hadir bersama kita di sini,” ucap Mursil.

Panen parsial kedua ini dilakukan saat udang berusia 86 hari. Rata-rata udang yang dipanen berukuran 40-50 ekor per kilogram.

“Budidaya udang vaname merupakan salah satu pilihan terbaik untuk meningkatkan perekonomian masyarakat pesisir. Saat ini udang vaname laku di pasar dengan harga Rp. 70 ribu per kilogram. Harganya bagus, dan udang vaname ini cepat panennya, jadi sangat bagus bila digeluti serius,” ujar Mursil.

Koordinator pelaksana teknis Balai Perikanan Budidaya Air Payau Ujung Batee, Syarifuddin menyampaikan klaster budidaya udang vaname yang dibangun di Dagang Setia diharapkan menjadi role model. Selain menyasar finansial, konsep yang diusung juga menjamin keamanan ekologi.

“Kita buat lengkap, mulai waduk, tandon dan ipal. Jadi ini tidak hanya bercerita finansial, tapi juga teknologi. Kami berharap ini menjadi role model,” kata Syarifuddin. (SM).

TERBARU

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT