Sosok Mansyuri, Dengan Beragam Program Sosialnya

Jaringanberitaaceh.com – Mansyuri, begitulah pria kelahiran Paya Gaboh, 6 Juli 1981 tersebut disapa. Dia merupakan anak dari pasangan Bapak H. M. Yunus dan Ibu Hj. Jamilah. Orangtuanya berprofesi sebagai pedagang dan juga sangat taat beragama.

Mansyuri, S. T dibesarkan di Gampong Reuleut Timu, Kecamatan Muara Batu, Kabupaten Aceh Utara. Dia berhasil menyelesaikan pendidikan Strata satu Teknik Industrinya di Institute Teknologi Medan pada tahun 2008 silam dan sempat bekerja di salah satu perusahaan pembiayaan swasta di Kota Lhokseumawe selama 5 tahun.

Mansyuri mengakhiri masa lajangnya dengan menikahi seorang gadis bernama Aguslina, AM. Keb yang sekarang ini bekerja di Puskesmas Nisam. Dari pernikahan tersebut, Mansyuri dikaruniai dua anak laki-laki dan satu perempuan.

Setelah berumah tangga, Mansyuri memilih menetap di Gampong Paloh Lada Kecamatan Dewantara. Di kediamannya ini, Mansyuri merintis sebuah usaha yang menyediakan berbagai jenis minuman dan makanan. Usahanya tersebut diberi nama Elmansyur Coffee.

Dari usahanya tersebut, muncullah niat untuk mencoba berbagi kepada sesama yang dimulai dari menyediakan kopi dan jus gratis pada setiap hari Jum’at. Alhasil, niatnya untuk berbagi itu menjadi sebuah kegemaran yang sangat dinikmati. Bahkan, Mansyuri juga kerap berpartisipasi untuk menyediakan makanan dalam setiap acara Peringatan Hari Besar Islam.

Untuk mendukung kegemarannya dalam berbagi tersebut, Mansyuri terpikir untuk membentuk sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang diberi nama Elmansyur Peduli Pendidikan, Kesehatan, Keagamaan, Kemanusian dan Sosial,atau yang disingkat dengan EP-PK3S.

Lembaga Elmansyur Peduli ini bukan semata-mata mengharapkan bantuan dari Pemerintah, namun lebih kepada menggalang kepedulian dari berbagai unsur masyarakat untuk saling berbagi.

Sebagai kegiatan dasar, Elmansyur Peduli mendirikan sebuah taman baca dengan mendatangkan buku dari sumbangan masyarakat dan pinjaman dari perpustakaan daerah. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan minat baca di kalangan muda supaya lebih terarah dan melakukan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat demi masa depan mereka.

Lembaga Elmansyur Peduli ini juga terus berinisiatif untuk menambah program-program kegiatan sosialnya, seperti taman bermain anak yang juga berfungsi sebagai sarana olah raga. Taman tersebut dibuat dengan menggunakan dana sendiri, itu semua dilakukannya hanya untuk kebersamaan.

Selain itu, pada Minggu, 19 Juli 2020 El Mansyur peduli kembali melounching kegiatan sosial barunya yang diberi nama “Infak Beras“. Program tersebut dijalankan dengan cara mengajak seluruh unsur masyarakat untuk berinfak dalam bentuk beras, yang nantinya akan disalurkan bagi Santri Yatim yang mondok di Dayah-dayah.

Dalam program ini, Elmansyur Peduli mengajak masyarakat untuk mengumpulkan uang Rp. 1.000/ hari atau Rp. 25.000/ bulannya. Sumbangan tersebut akan diserahkan setiap bulannya ke Dayah Modern atau Salafi yang ada santri dari kalangan anak yatim untuk bekal mereka di dalam menuntut ilmu.

Acara peluncuran program infak beras tersebut dilaksanakan berbarengan dengan kegiatan donor darah yang bekerjasama dengan PMI Aceh Utara. Yang mana sebelumnya, Elmansyur peduli juga telah melaksanakan program donor darah pada bulan 18 April 2020 lalu, juga bersamaan dengan kegiatan sunatan massal.

Inilah sosok Mansyuri, S. T dengan berbagai kegiatan sosial yang terus digalang melalui Lembaga Elmansyur Peduli dan menumbuhkan minat bersedekah dikalangan masyarakat dengan sistem penggalangan dana berdasarkan keiklasan. Karena hakikat dan manfaat bersedekah itu sangatlah besar dan akan mendapatkan balasan yang tidak terduga dari Allah SWT.

Dilihat dari kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Mansyuri, semakin jelas bahwasanya kegiatan Beliau tidak ada tujuan politis. Itu semua semata karena peduli, lalu mengajak orang lain ikut serta di dalamnya untuk mendapatkan ridhaNYA secara bersama-sama.***.

TERBARU

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT

21 KOMENTAR

  1. … [Trackback]

    […] There you will find 73549 additional Information on that Topic: jaringanberitaaceh.com/sosial/sosok-mansyuri-dengan-beragam-program-sosialnya/ […]

  2. … [Trackback]

    […] There you will find 27445 more Info to that Topic: jaringanberitaaceh.com/sosial/sosok-mansyuri-dengan-beragam-program-sosialnya/ […]

  3. … [Trackback]

    […] Here you will find 5753 additional Info to that Topic: jaringanberitaaceh.com/sosial/sosok-mansyuri-dengan-beragam-program-sosialnya/ […]

  4. … [Trackback]

    […] Information to that Topic: jaringanberitaaceh.com/sosial/sosok-mansyuri-dengan-beragam-program-sosialnya/ […]

  5. … [Trackback]

    […] Find More Information here to that Topic: jaringanberitaaceh.com/sosial/sosok-mansyuri-dengan-beragam-program-sosialnya/ […]

Komentar ditutup.