Muktamar IDI Sumbang Rezeki bagi Pedagang dan Pengelola Wisata




BANDA ACEH – Pelaksanaan Muktamar ke-31 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Tahun 2022 yang berlangsung di Banda Aceh sejak 22 sampai 25 Maret 2022 telah menambah geliat dunia usaha dan pariwisata Tanah Rencong.

Hal itu lantaran para peserta Muktamar yang berasal dari seluruh provinsi dan kabupaten kota di Indonesia itu juga menyempatkan waktu mereka untuk menikmati suasana Aceh.

Mereka mengunjungi berbagai lokasi yang menjual kuliner dan souvenir khas Aceh. Mereka juga mengunjungi sejumlah lokasi wisata yang tersebar di kawasan Banda Aceh, Aceh Besar hingga Kota Sabang.

Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Aceh Muhammad Iswanto, Minggu 27 Maret 2022 menyebutkan, efek positif bagi dunia pariwisata dan bisnis memang diharapkan muncul dari perhelatan Muktamar IDI di Kota Banda Aceh.

“Berkaca pada pengalaman, setiap even-event besar yang berlangsung di Aceh tentu selalu memberi kontribusi positif bagi perekonomian masyarakat, terutama pedagang dan pengelola lokasi wisata,” kata Iswanto.

Iswanto menyebut contoh, kedatangan para peserta Muktamar IDI telah membuat hotel-hotel di Banda Aceh penuh. Padahal sebelumnya kondisi perhotelan disebut relatif sepi lantaran belum berakhirnya pandemi Covid-19.

Hal yang sama juga terlihat di sejumlah pusat penjualan makanan khas Aceh di Banda Aceh yang banyak dipenuhi para dokter peserta muktamar IDI.

“Ini tentunya merupakan hal positif yang patut kita syukuri. Semoga kedepan akan selalu ada event-event nasional yang digelar di Aceh sehingga memberikan hasil positif bagi Aceh,” kata Iswanto.

Sementara itu, dampak positif dari pelaksanaan Mukmatar IDI di Aceh juga dirasakan pelaku wisata di Kota Sabang. Hal itu terlihat dari jumlah penumpang kapal cepat maupun kapal lambat dari Pelabuhan Ulee Lheu Banda Aceh menuju Sabang diakui mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

T. Rahmat Iqbal, pelaku wisata di Sabang menyebutkan para tamu Muktamar IDI juga mengunjungi Sabang yang secara otomatis sabang menguntungkan pelaku wisata seperti dirinya.

“Alhamdulillah Naik 100% penumpang Kapal Cepat Maupun Kapal Lambat Menuju Pulau Sabang Sejak dilaksanakan Muktamar IDI XXXI di Banda Aceh Semoga event Nasional bisa ditarik ke Aceh dan Para Pelaku Wisata menangkap Peluang ini dengan menghadirkan stand wisata di lokasi berlangsungnya Even Besar dengan pilihan paket paket wisata dan kemudahan lainnya. Mantap dan Berkah,” kata Iqbal.

spot_img
spot_img
spot_img

TERBARU

spot_img
spot_img

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT