Produk Lokal Gayo Wakili Aceh di Festival KIM

Surabaya, JBA – Kelompok Informasi Gampong (KIG) Payatumbi Baru Kecamatan Kebayakan Kabupaten Aceh Tengah memamerkan produk lokal Gayo berupa Kopi “Ahbab Coffee,” Kerawang “Tajuk Kepies,” Sirup Jeruk “Jringku,” Cerutu “SWY Gayo Cigar,” Topi Khas “Jembolang Gayo,” dan Kelompok Tani “Pucuk Lemi” dalam Festival KIM (Komunitas Informasi Masyarakat) 2023 di Gedung Balai Pemuda – Alun-alun Surabaya. Festival yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo RI) ini berlangsung pada tanggal 27 dan 28 Oktober 2023.

Kelompok dari Payatumbi Baru terpilih mewakili Provinsi Aceh ke tingkat nasional setelah melewati seleksi ketat yang dilakukan oleh Dinas Komunikasi, Informatika, dan Persandian (Diskominsa) Aceh.

“Alhamdulillah, antusias pengunjung yang ingin tahu banyak tentang produk unggulan Aceh dapat kami artikan sebagai sebuah apresiasi atas hasil karya warga untuk menumbuhkan perekonomian masyarakat setempat, sehingga program seperti ini yang perlu dilanjutkan ” ujar Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik Diskominsa Aceh, Alfajrian AB, Jumat (27/10/2023).

Alfajrian AB, yang mewakili Kepala Diskominsa Aceh, berharap agar festival ini bisa menjadi wadah yang mempertemukan antara investor dan KIM sehingga ekosistem pemberdayaan ekonomi masyarakat dari berbagai sektor di daerah bisa terbentuk dan berkualitas. “Tidak hanya sekedar menambah wawasan, pertemuan dengan investor akan menjadi solusi untuk menjawab permasalahan yang dihadapi pelaku KIM di daerah seperti pengembangan pasar, meningkatkan kualitas produk dan adanya mitra baru,” sebutnya.

Ia juga berharap, festival ini menjadi tempat untuk mempromosikan semua produk unggulan lokal di Indonesia sehingga bisa dinikmati oleh masyarakat sampai ke luar negeri. Festival ini menjadi tonggak penting dalam memperkuat kerjasama antara KIM di seluruh Indonesia, mendukung pemberdayaan masyarakat, dan mengembangkan komunikasi publik yang efektif antara pemerintah dan masyarakat.

Festival KIM 2023 resmi dibuka oleh Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, yang memberikan sambutan hangat kepada para peserta dan pengunjung. Turut hadir dalam acara pembukaan ini pejabat Kemenkominfo RI, seperti Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP), Usman Kasong, serta Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Kemenkominfo RI, Hasyim Gautama.

Hasyim Gautama, Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Kemenkominfo RI, menjelaskan bahwa Festival KIM 2023 memiliki untuk memberdayakan KIM sebagai mitra strategis dalam penyebaran informasi terkait kebijakan dan program prioritas pemerintah nasional.

“KIMFest ini adalah salah satu ajang apresiasi sekaligus membuka jaringan KIM-KIM dari setiap provinsi untuk menjalin kemitraan,” kata Hasyim Gautama.

Festival ini juga mencakup sosialisasi pelayanan publik, pameran KIM dari seluruh provinsi, serta pelayanan publik dari berbagai kementerian, lembaga, BUMN, dan bazar UMKM. Festival ini juga menjadi momen penghargaan bagi KIM yang telah berprestasi dalam memberikan layanan informasi dan pemberdayaan masyarakat.

BERITA MINGGUAN

TERBARU

BERITA TERHANGAT

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT