Mitigasi Bencana, PLN Ikuti Latihan Penanggulangan Tanggap Bencana dengan Forkopimda Gayo Lues

Blangkejeren, Jaringanberitaaceh.com – PLN ULP Blangkejeren mengikuti kegiatan apel siaga latihan penanggulangan tanggap bencana yang digelar di Lapangan Pancasila Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues Kamis, (25/05/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh PJ Bupati Gayo Lues, Dandim 0113/GL, Kapolres Gayo Lues dan pimpinan Instansi terkait.
Dalam sambutannya, PJ Bupati Gayo Lues, Drs.H.Alhudri, M.M menyampaikan bahwa Kabupaten Gayo Lues merupakan daerah yang rawan terhadap bencana, baik bencana kebakaran, banjir, longsor maupun bencana lainnya.

“Bencana Alam dapat terjadi kapan dan di mana saja sebagai langkah antisipasi, perlu kesiapan dari seluruh unsur mulai dari pemerintah, Jajaran TNI/POLRI, organisasi masyarakat seperti PMI Pramuka serta stakeholder lainnya,”ujarnya

Sementara itu, Kapolres Gayo Lues Polda Aceh AKBP Efrianza SIK melalui Kasi humas AKP Zulfikar SH menjelaskan bahwa kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahunnya guna melatih manajemen tanggap darurat serta kemampuan melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi yang cepat.

“Ini penting sekali pasca bencana harus terus diperbaiki karena kecepatan itu yang juga dinanti rakyat, kecepatan respon yang harus terus-menerus ditingkatkan. Semua rencana kontinjensi dan rencana operasi saat tanggap darurat harus dapat diimplementasikan dengan cepat dan sekali lagi menyelamatkan korban,”ujarnya.

Sementara itu Manager PLN ULP Blangkejeren Iwan Syahputra mengatakan bahwa PLN senantiasa siaga dalam memberikan pendampingan terhadap masyarakat yang terkena bencana, terutama di bidang ketenagalistrikan. Hal yang menjadi prosedur wajib adalah menjaga keamanan kelistrikan dengan melakukan pengamanan aset agar tidak membahayakan keselamatan masyarakat.

Selain itu pengamanan suplai serta kehandalan pasokan listrik kepada warga yang terkena dampak bencana di daerah pengungsian serta upaya recovery atau penormalan jaringan listrik setelah bencana usai juga menjadi prioritas bagi PLN.

“Kegiatan ini sangat perlu sebagai pembelajaran tanggap darurat terhadap kejadian bencana alam yang sangat tidak terprediksi. Dihimbau juga kepada seluruh pelanggan setia PLN ULP Blangkejeren untuk segera melaporkan apabila terjadi bencana alam yang berkaitan dengan kegiatan kelistrikan melalui aplikasi PLN Mobile dan Call Center 123 untuk mengurangi resiko bahaya listrik,” tutupnya.

spot_img
spot_img
spot_img

TERBARU

spot_img
spot_img

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT