Ketua FKPAI Aceh Tamiang Isi Materi Pendampingan Produk Halal

Kuala Simpang, Jaringanberitaaceh.com – Ketua Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam (FKPAI) Aceh Tamiang, Safrizal memberikan pelatihan pendalaman materi kepada Pendamping PPH dari unsur Penyuluh Agama Islam (PAI), di Aula Al Ihkwan Kantor Kementrian Agama Kabupaten Aceh Tamiang, Senin, 15 Mei 2023.

Kegiatan ini untuk meningkatkan kapasitas PAI sebagai Pendamping Proses Produk Halal (Pendamping PPH).

Satgas Layanan Jaminan Ptoduk Halal (JPH) yang diwakili oleh Kepala Kantor Kementerian Kabupaten Aceh Tamiang mengatakan menjadi Pendamping PPH harus serius dalam menjalankan verifikasi dan validasi data pelaku usaha. Jangan hanya mengejar target kuota, tetapi benar-benar harus diperhatikan ke halalan suatu produk.

Safrizal menyampaikan Pendamping PPH harus melakukan sosialisasi atau memberi pemahaman kepada pelaku usaha terkait sertifikat halal yang nantinya akan diberikan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama.

“Pelaku usaha yang tersebar di seluruh Indonesia, khususnya di Aceh masih banyak yang belum paham kegunaan sertifikat halal. Ada yang berpikir akan mendapatkan bantuan dari pemerintah dan juga terkena pajak dari hasil pengurusan sertifikat halal.

“Nah dalam hal ini Pendamping PPH harus memberikan edukasi kepada pada pemilik produk,” ujarnya saat memberikan materi.

Saat ini, kata dia, pemerintah memberikan kuota satu juta sertifikat halal secara gratis untuk pelaku Usaha Kecil dan Mikro(UKM), maka dengan demikian Kementerian Agama memberikan tugas kepada PAI untuk menjadi Pendamping PPH, agar kuota yang tersedia bisa terserap semuanya.

Sebelumnya, Pendamping PPH sudah pernah mengikuti pelatihan secara online dengan BPJPH. Namun terlihat dari hasil pelatihan secara online tidak begitu efektif, sehingga masih banyak Pendamping PPH yang belum melakukan pendampingan kepada pelaku usaha.

Saat ini, BPJPH memberikan pelatihan secara offline melalui Satgas Halal Aceh yang dilaksanakan di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Tamiang. Narasumber yang dihadirkan Safrizar, seorang Penyuluh Agama Islam Non PNS dan juga sebagai Pendamping PPH dengan pendampingan mencapai 120 produk.

BERITA MINGGUAN

TERBARU

BERITA TERHANGAT

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT

1 KOMENTAR

Komentar ditutup.