Membanggakan, Dua ASN Kemenag Aceh Besar Juara Nasional MTQ Korpri




Jantho, Jaringanberitaaceh.com – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) KORPRI ke-6 tingkat nasional resmi ditutup Menteri Pendayagunaan Aparut Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas, Sabtu malam, 12 November 2022, di Masjid Raya Padang.

Sebelumnya, kegiatan ini dibuka Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Selasa, 8 November 2022, yang diikuti 34 provinsi dan kementerian/lembaga.

MTQ nasional bagi pegawai negeri sipil se-Indonesia memperlombakan delapan cabang dengan 14 golongan, yaitu Tartil Al-Quran, Tilawah Al-Quran, Hifzh Al-Quran dengan empat golongan; juz 30, surah Al-Baqarah, surat Ali Imran dan tujuh surah pilihan.

Cabang dakwah Al-Quran, khat Al-Quran dengan tiga golongan; kaligrafi dekorasi, kontemporer dan digital. Cabang azan, khutbah Jumat, penulisan artikel Al-Quran dan lomba doa.

MTQ Korpri nasional mengusung tema Korpri Mengaji, Korpri Berbakti, Korpri Berkonstribusi untuk Indonesia Mulia, dilaksanakan sejak 6-12 November 2022.

Dua orang abdi sipil negara (ASN) dari Kantor Kementerian Agama (Kakemenag) Aceh Besar yang menjadi duta Provinsi Aceh meraih prestasi terbaik, yaitu Syathriah MAg sebagai Penyuluh Agama Islam Fungsional di KUA Kecamatan Darul Imarah, meraih juara satu cabang hafidz Al-Quran tujuh surat pilihan. Sepanjutnya Fudhail Zubairy SHI, staf Seksi Bimas Islam Kankemenag Aceh Besar, meraih juara dua cabang tilawah putra.

Kankmenag Aceh Besar juga mengirim satu pendamping, Kepala Seksi Bimas Islam, H Akhyar MAg.

Syathriah MAg merasa terharu dan bersyukur atas hasil memuaskan pada MTQ Korpri di Kota Padang, karena hasil ini menjadi prestasi terbaik baginya. Sebelumnya sudah dua kali ikut serta, pada 2018 tanpa juara, tahun 2021 juara harapan satu dan tahun ini meraih juara satu.

Kepala Kankemenag Aceh Besar, H Salman Arifin didampingi Kasubbag Tata Usaha, H Khalid Wardana menyampaikan apresiasi dan penghargaan pada Syathriah dan Fudhail Zubairy, yang telah menorehkan prestasi terbaik dan mengharumkan Provinsi Aceh pada kegiatan MTQ Korpri tingkat nasional.

Kontingen Provinsi Aceh meraih peringkat kedua setelah Ketua Dewan Hakim MTQ KORPRI VI, Prof Darwis Hude mengumumkan para juara dari berbagai cabang yang di perlombakan. Dewan Hakim juga mengumumkan juara 1, 2, 3 dan harapan 1, 2, 3. Selanjutnya, Dewan Hakim juga mengumumkan juara umum dan peringkat satu hingga 10. Juara umum diraih oleh Provinsi Sumatera Barat yang merupakan tuan rumah dan Aceh mendapat peringkat kedua dengan poin 68.

Adapun peserta dari Aceh yang mendapat juara satu; Aminah cabang hifzh Al-Quran juz 30, Jamaluddin dan Syathriah hifzh 7 surat pilihan, Muhajirul Fadhli cabang doa putra, yang meraih juara dua Fudhail Zubairy cabang tilawah putra, Zakiul Fuadi cabang khutbah Jumat. Sedangkan peraih juara tiga Siti Abidah cabang doa putri dan Fajri cabang dakwah putra. Adapun yang meraih juara harapan satu Fitriatin Nur cabang tartil putri, Taisir cabang Al-Baqarah putra, harapan dua Mahliawati cabang hafizah Al-Baqarah putri.

Kegiatan MTQ Korpri nasional 2024 akan digelar di Provinsi Kalimantan Tengah, Palangkaraya.

spot_img
spot_img
spot_img

TERBARU

spot_img
spot_img

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT