8 Santri Aceh Besar Lulus Beasiswa Berprestasi Kemenag RI

Jantho, Jaringanberitaaceh.com – Delapan santri di lingkungan Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Aceh Besar meraih Program Beasiswa Santri Berprestasi (PSBB) yang diselenggarakan Kemenag RI.

Hal ini berdasarkan keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia nomor B-798.1/DJ.I/Dt.I.V PP.05/06/2022 tanggal 8 Juni 2022 terkait nama-nama santri berprestasi berhak melanjutkan pendidikan jenjang stata satu (S1) dengan beasiswa penuh dari Kemenag RI pada universitas favorit pilihannya.

Kepala Seksi Pendidikan Mandrasah Kankemenag Aceh Besar, Suryadi SAg mengatakan delapan santri tersebut berasal dari Madrasah Aliyah dari tiga pesantren terpadu di Aceh Besar.

“Yaitu Ruhul Islam Anak Bangsa ( RIAB ) empat santri, Dayah Insan Qurani ( IQ) tiga santri dan Dayah Darul Ihsan (DI) satu santri,” tambah Suryadi.

Kepala Kankemenag Aceh Besar, H Salman Arifin SPd MAg mengapresiasi santri yang berhasil lulus PBSB tahun 2022.

“Dayah terpadu yang ada di Aceh Besar telah terbukti mampu memberikan kontribusi untuk meluluskan siswanya pada seleksi nasional. Kami bangga pada prestasi tersebut. Semoga lebih banyak lagi yang lulus pada seleksi ke depan,” ucap Salman Arifin.

Melalui prestasi dan keteladanan, kata Salman, membuktikan santri Aceh ada dan akan terus ada sepanjang masa. Kehadiran santri diharapkan bukan hanya berkhidmat pada agama, melainkan jug berkontribusi untuk negeri.

PBSB adalah program bantuan beasiswa pendidikan bagi santri lulusan pondok pesantren, dayah, surau, meunasah, atau sebutan lain yang unggul, kompetitif serta memiliki potensi akademik baik untuk mengikuti dan/atau menyelesaikan pendidikan tinggi.

Pemerintah melalui Kemenag, sejak 2005 telah memberikan akses beasiswa pendidikan tinggi bagi lulusan pesantren melalui PBSB, baik pada perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri.

PBSB dirancang untuk memberikan peluang yang lebih luas bagi lulusan satuan pendidikan yang terintegrasi dengan pondok pesantren untuk mengembangkan minat bakat dan penguasaan disiplin keilmuan serta dalam rangka pengabdian kepada pondok pesantren.

PBSB Kemenag berkomitmen mempersiapkan sarjana santri sebagai kader ulama, pemimpin, ilmuan serta professional yang moderat dan mampu menjadi bagian dari pembangunan nasional.

spot_img
spot_img
spot_img

TERBARU

spot_img
spot_img

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT