FKPAI Aceh Terlibat dalam Kegiatan Mendongeng Perpusnas RI

Jantho, JBA – Pengurus Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam (FKPAI) Aceh menjadi peserta aktif dalam kegiatan Gerakan Indonesia Membaca, yang dilaksanakan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI), di Hotel The Pade, Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar, Selasa, 21 Mei 2024.

Sekretaris FKPAI Aceh, Eva Khairani SSos MSos mengatakan membaca merupakan kebutuhan setiap generasi bangsa, karena tingginya minat membaca akan berdampak positif bagi pembangunan bangsa. Bahkan orang yang rajin membaca akan makin cakap dalam menjalankan tugas kerjanya.

“Jadi membaca adalah cara memperbaiki diri dan memantaskan diri dalam peningkatan kompetensi, sehingga lebih peka sosial dan dunia kerja,” ujar Eva Khairani didampingi Ketua FKPAI Aceh, Amiruddin dan Wakil Bendahara FKPAI Aceh, Taqwallah.

Eva Khairani menyebutkan pihaknya merasa beruntung bisa menjadi bagian dalam even nasional ini. Melalui kegiatan tersebut dapat membangkit motivasi membaca.

Dalam acara ini, kata Eva, diajarkan cara mendongeng bagi anak. Metode mendongeng sangat penting dikuasai seorang pendidik, sebab anak-anak lebih tertarik belajar lewat kisah dengan nuansa menyenangkan.

“Jadi dongeng ini bisa dipraktikkan di Taman Pendidikan Alquran (TPA) saat klasikal dan layak diadopsi oleh Penyuluh Agama Islam (PAI),” ujar Eva yang juga Penyuluh Agama Islam KUA Meuraxa, Banda Aceh.

Menurutnya, melalui dongeng bisa transfer nilai-nilai keislaman dasar kepada anak TPA dan binaan penyuluh agama Islam, sehingga anak-anak tidak jenuh dengan metode pembelajaran biasanya.

BERITA MINGGUAN

TERBARU

BERITA TERHANGAT

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT