Bangun Inovasi Pendidikan untuk Tingkatkan Daya Saing

 

Lhokseumawe, Jaringanberitaaceh.com – Asisten I Bidang Pemerintahan Sekdakab Aceh Utara Dayan Albar, SSTP saat penutupan Diklat Pembinaan Kepala Sekolah dan Komite Sekolah Angkatan II, Kamis (2/12/2021) mengatakan sekolah harus mampu membangun inovasi pendidikan agar memiliki daya saing dan keunggulan.

“Apalagi di era revolusi industri 4.0, teknologi informasi berkembang pesat, bahkan di negara jepang tidak lagi kemjuan 4.0, tapi sudah 5.0, sehingga sekolah wajib membangun inovasi untuk menciptakan keunggulan di sekolah masing-masing, jika tidak maka dikhawatirkan sekolah-sekolah tersebut akan ditinggalkan masyarakat, karena orang tua dipastikan mencari sekolah yang lebih unggul dari sisi kualitas,” ungkapnya.

Di sisi lain, sekolah-sekolah swasta maupun dayah, urai Dayan Albar, sudah melangkah lebih maju dengan menciptakan keunggulan setiap sekolah, makanya sekolah negeri yang notabene milik pemerintah wajib mampu bersaing dan lahirkan inovasi cerdas.

Karena itu, tambah Dayan, untuk menciptakan keunggulan itu dibutuhkan sinergisitas antara kepala sekolah dengan komite sekolah.

“Komite sekolah dan kepala sekolah wajib berkolaborasi untuk menciptakan keunggulan, makanya sinergisitas sangat penting jika ingin membangun sekolah unggul dan memiliki ciri khas, dipastikan masyarakat sekarang akan mencari sekolah-sekolah yang memiliki keunggulan untuk memasukan anak-anaknya,” jelasnya.

Diklat Pembinaan Kepala kekolah dan komite sekolah itu diselenggarakan oleh Majelis Pendidikan Daerah (MPD) Kabupaten Aceh Utara dengan melibatkan sekitar 320 peserta kepala sekolah dan komite sekolah tingkat SD dan SMP yang tersebar di setiap kecamatan.

Sementara Kepala Sekretariat MPD Kabupaten Aceh Utara Dra Khadijah MM mengatakan kegiatan Diklat Pembinaan Kepala sekolah dan komite sekolah agar sekolah negeri yang tersebar di sejumlah kecamatan Aceh Utara mampu melahirkan dan menciptakan inovasi keunggulan, terutama yang berbasis Islam. (AM)

TERBARU

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT