Pj Gubernur Aceh Serahkan Bantuan Keuangan Khusus untuk Pembangunan Masjid Giok Nagan Raya

Sukamakmue – Penjabat (Pj) Gubernur Aceh, Achmad Marzuki menyerahkan bantuan keuangan khusus dari Pemerintah Aceh kepada Pemerintah Kabupaten Nagan Raya, untuk pembangunan Masjid Agung Baitul Ala atau Masjid Giok.

Bantuan senilai Rp 10 miliar diterima langsung oleh Penjabat Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas di lokasi masjid, Rabu, 10 Mei 2023.

Achmad Marzuki mengatakan, jika Masjid Giok tersebut sangatlah indah. Hanya perlu pembenahan pada beberapa sisi, seperti beberapa tiang utama di dalam masjid, dan pada bagian luar.

“Indah sekali. Tekstur batunya sangat indah,” kata Achmad Marzuki.

Achmad Marzuki yang datang bersama Wakil Ketua DPR Aceh, Teuku Raja Keumangan, para asisten dan kepala SKPA Pemerintah Aceh, kemudian masuk dan melihat-lihat kondisi dalam masjid.

Penjabat Bupati terlihat menjelaskan proses dan kendala pembangunan masjid. “Tahun ini alhamdulillah ada anggaran dari Otsus Rp3,3 miliar untuk penyelesaian lantai 1 dan 8 unit kolom. Anggaran bantuan keuangan Rp10 miliar digunakan untuk menyelesaikan 4 unit menara,” kata Fitriany Farhas.

Masjid Giok Nagan Raya dibangun tahun 2010 lalu. Pemasangan lantai giok baru dilakukan tahun 2020. Hingga tahun 2022, total serapan anggaran telah mencapai Rp129,2 miliar dari total pagu perencanaan Rp176 miliar.

Diperkirakan sisa kebutuhan anggaran adalah Rp46,58 miliar, untuk menyelesaikan pekerjaan lantai 2, pemasangan AC sentral, pemasangan sound sistem dan penyelesaian taman.

Masjid Giok Nagan Raya berdiri di lahan 3 hektare, dengan konstruksi bangunan dua lantai. Lantai 1 merupakan basemen sementara lantai 2 adalah tempat salat dengan daya tampung jamaah 5.600 orang.

Di Nagan Raya, selain menyerahkan bantuan keuangan khusus untuk pembangunan menara masjid giok, Penjabat Gubernur Aceh juga menyerahkan buffer stok penanggulangan bencana dengan nilai Rp360.845.300 juta. Achmad Marzuki juga menyerahkan bantuan Bank Aceh Peduli kepada beberapa penerima asal Kabupaten Nagan Raya.

TERBARU

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT