Penyuluh Agama Banda Aceh Bahas Materi Irfani di Level Nasional

Banda Aceh, Jaringanberitaaceh.com – Leimena Institute menyelenggarakan webinar nasional yang berguna bagi pendidik, dai, penyuluh dan publik figure lainnya. Materinya adalah Upgrading Pemikiran M. Amin Abdullah dengan tema Menjadi Guru Transformer.

Acara dibagi dua sesi. Sesi pertama bertema Pendekatan Utuh Terintegrasi (Tekstual, Rasional, dan ‘Irfani). Sesi dua bertema Sepuluh Checklist untuk Mempertajam Pendekatan Irfani.

Panitia memberi kesempatan kepada peserta untuk mendaftarkan diri sebagai presenter pokok-pokok pemikiran Guru Besar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta tersebut.

Penyuluh Agama Islam Kota Banda Aceh, Supiati SAg berkesempatan mempresentasikan tema “Mempertajam Pendekatan Irfani (Lave Gad-Lave Neighbour, Etika di atas Teologi dan Metafisika, Teologi dan Memperbanyak Ruang-ruang Pertemuan serta Penutup, via virtual, di Banda Aceh, Jumat, 20 Januari 2023.

“Saya bersyukur bisa membahasakan ulang gagasannya. Ini sekaligus menjadi reuni saya dengan Prof M. Amin Abdulloh, karena saya juga pernah beberapa kali mengikuti kuliah umum dengannya, termasuk pada pelatihan LKLB ke-22,” ujar penyuluh agama senior yang bertugas di KUA Kecamatan Ulee Kareng ini.

Menurutnya, wilayah irfani ini yang paling berat. Apalagi di era media sosial saat ini wajah bisa tampak langsung sikap penyabar atau pemarah. Itu di seluruh dunia tahu. Maka perjuangan yang berat dalam menjalankan etika adalah melawan hawa nafsu sendiri.

“Meskipun saya tidak bisa menjamin gagasan itu sepenuhnya bisa mengatasi masalah yang ada, namun setidaknya bisa jadi tawaran agar agama bisa dijalankan dengan penuh kebaikan dan kedamaian global,” ujar intelektual muslim juga kader perserikatan Muhammadiyah.

spot_img
spot_img
spot_img

TERBARU

spot_img
spot_img

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT