Sekda Aceh jadi Santri di Dayah Perbatasan

 

Kuala Simpang, Jaringanberitaaceh.com -Saya ingin menginap di dayah, apa memungkinkan? Tanya Sekretaris Daerah Aceh Taqwallah pada Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh (DPDA), Zahrol Fajri.

“Boleh pak,” jawab Zahrol.

Awalnya keinginan ini terkesan hanya senda gurau belaka. Namun, menjelang hari H, Taqwallah makin serius, keinginannya menginap satu malam di dayah ternyata benar adanya.

Tepat pukul 01.30 WIB, Sabtu dini hari, 6 November 2021, Taqwallah tiba di Dayah Perbatasan Manarul Islam, di Kampung Seumadam, Kecamatan Kejuruan Muda, Kabupaten Aceh Tamiang. Salah satu dayah binaan Pemerintah Aceh melalui DPDA.

Sekda Aceh tak meminta hal aneh, dia hanya meminta bilik untuk beristirahat saja, kuncinya yang penting bersih. Tak ada AC, bukan sebuah persoalan baginya.

Semalam menjadi santri, hal ini mungkin bisa menjadi deskripsi dari aksi menginap semalam di dayah yang dilakukan Taqwallah.

Sekda Taqwallah mungkin sengaja ingin memastikan aktivitas di itu berjalan dengan efektif, sebagaimana dayah-dayah yang memulai aktivitas proses belajar mengajarnya dari salat Subuh.

Selain itu, kesiapan dayah perbatasan sebagai benteng penjaga akidah umat Islam, dari upaya-upaya kristenisasi yang menyasar daerah perbatasan juga jadi perhatian Taqwallah.

Untuk itu, Rais ‘Am Dayah Perbatasan harus memiliki visi misi yang kuat untuk menghalau serangan yang ada, dengan kata lain, Rais ‘Am harus “tahan banting”.

“Kita mempunyai tanggungjawab bersama dalam penyelamatan akidah umat,” pesan Taqwallah.

Soal akidah tentu tak main-main, setiap tahun DPDA banyak mengeluarkan biaya, baik dari segi pembangunan sarana dan prasarana, juga pembiayaan operasional sehari-hari. Ini bukti keseriusan Pemerintah Aceh dalam memperhatikan dayah perbatasan.

Untuk itu, butuh keseriusan yang sama dari rais ‘am dayah perbatasan untuk mengimbangi perhatian Pemerintah Aceh, dalam bentuk pengembangan dan pengelolaan dayah yang baik dan benar dalam menghasilkan generasi, juga cerdas secara intelektual dan spiritual.

Kunjungan semalam menjadi santri ini berlangsung menggembirakan dan membahagiakan, lingkungan dayah sudah terlihat bersih dan rapi, berarti efektivitas program Bersih, Rapi, Estetis dan Hijau (BEREH) berjalan dengan baik di Dayah Manarul Islam.

Aktivitas santri dayah perbatasan dan para dewan guru yang sedang bersiap-siap melaksanakan salat Subuh berjamaah, menjadi awal dari semua kegiatan di dayah ini.

Sekda Aceh Taqwallah juga ikut melakukan sosialisasi manfaat vaksinasi Covid 19.

Sekda menjelaskan vaksin itu untuk menjaga kita agar tetap sehat dan kebal dari virus corona. Santri dayah harus menjadi garda terdepan dalam upaya-upaya memberikan pemahaman pada masyarakat akan pentingnya vaksin.

“Kita tidak ingin, Aceh menjadi daerah endemis, karena di wilayah lain capaian vaksinasi sudah melampaui angka di atas 50%,” ujar Sekda.

Sekda juga mengajak pengurus dayah dan para dewan guru serta santri untuk melakukan penghijauan di komplek dayah, dengan menanam pohon-pohon yang bermanfaat secara variatif.

“Misalnya pohon mangga, kelapa, dan lain-lain. Selain indah dipandang mata, pohon juga banyak memberikan manfaat bagi kehidupan manusia. Maka galakkan semangat menanam pohon di lingkungan dayah. Saya berkeinginan perubahan ini dapat disegerakan,” harapnya.

Tentu segala perkembangan positif di Dayah Perbatasan Manarul Islam harus kita berikan apresiasi untuk memantik daya gerak yang lebih besar lagi ke depannya dalam menghasilkan terobosan-terobosan menyangkut dengan kemajuan dayah perbatasan.

“Saya harus memastikan bahwa dayah perbatasan sudah melakukan tugasnya dengan baik, ini adalah ikhtiar bersama kita,” ujar Pak Taqwa.

Seusai berkeliling komplek dayah dan melakukan sosialisasi manfaat vaksinasi Covid-19 dengan Rais ‘Am, para dewan guru dan santri, rombongan Sekda Aceh mohon pamit untuk melanjutkan aktivitas lainnya yang tak kalah penting.

Setidaknya, satu bentang malam telah dilalui Sekda bersama para santri, termasuk menjalani rutinitas awal di pesantren yang menjadi gerbang masuk ke Aceh itu. (Red)

spot_img
spot_img
spot_img

TERBARU

spot_img
spot_img

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT