Raih Juara 2 Lomba Menulis, Abu Teuming Dapat Sepeda

Banda Aceh, JBA – Penyuluh Agama Islam Kantor Urusan Agama (KUA) Sukakarya, Kantor Kementerian Agama Kota Sabang, Amiruddin atau biasa disapa Abu Teuming meraih juara dua lomba menulis yang diadakan oleh Center for Comunity Development and Education (CCDE) dan Majalah POTRET.

Lomba yang diadakan sejak Januari 2023 itu dibagi dua katagori, yaitu kategori pelajar SMP/MTs dan siswa SMA/SMK/MA. Berikutnya katagori mahasiswa dan umum, yang memgusung tema “Sepeda.”

Direktur CCDE, Tabrani Yunis, di Banda Aceh, Selasa, 29 Agustus 2023, mengatakan lomba menulis esai tersebut merupakan wujud komitmennya dalam dunia literasi yang sejak lama sudah menjadi concern majalah POTRET sejak pertama sekali terbit pada tanggal 11 Januari 2003. Kemudian, bagi Center for Community Development and Education yang menerbitkan majalah POTRET, persoalan literasi anak bangsa, sudah lama menjadi concern lembaga ini.

“Oleh sebab itu, lahirnya Majalah POTRET merupakan usaha atau upaya untuk mengajak semua orang menulis”, ucap Tabrani.

Lebih lanjut ia mengatakan kemampuan literasi yang rendah akan berimplikasi negatif pada produktifitas seseorang, termasuk produktifitas menulis. Oleh sebab itu, lomba menulis essay tentang sepeda ini diharapkan dapat mendorong masyarakat menulis.

Dijelaskannya, mengusung tema tentang sepeda bertujuan untuk mengembangkan budaya literasi, sekaligus untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap program 1000 sepeda dan kursi roda yang diselenggarakan oleh CCDE, Majalah POTRET, Majalah Anak Cerdas dan POTRET Gallery yang juga didukung oleh para dermawan.

Kegiatan lomba menulis esai mengenai sepeda ini juga dimaksudkan sebagai bentuk apresiasi kepada para dermawan yang sudah ikut berkontribusi terhadap program 1000 sepeda dan kursi roda.

Selain itu, kegiatan lomba menulis ingin membangun kepedulian masyarakat, penyumbang semakin peduli dan terus menyukseskan program 1000 sepeda. Dengan demikian, banyaknya donator, baik dalam negeri maupun luar negeri mau menyumbangkan sepeda bagi anak-anak usia sekolah di Aceh yang tidak memiliki sepeda, akan memudahkan mereka mengakses sekolah di Aceh.

Selama ini, kata Tabrani, CCDE sudah menyalurkan lebih dari 350 sepeda bagi anak-anak Aceh yang latar belakang ekonomi orang tuanya kurang mampu dan jarak tempuh anak itu jauh dari sekolah.

“Terima kasih kepada para donatur yang selama ini sudah mendonasikan uang yang dibelikan sepeda melalui CCDE untuk menyakurkan sepeda ke anak-anak yang berada di daerah,” ucap Tabrani.

Selanjutnya, agar karya-karya peserta lomba ini akan dibukukan bersama tulisan lain yang sudah pernah dimuat di majalah POTRET atau di Potretonline.com.

Adapun pemenang yang meraih juara dengan hadiah masing-masing satu unit sepeda sebagai berikut, untuk kategori mahasiswa dan umum adalah:

Juara 1 Baihaki

Juara 2 Amiruddin

Juara 3 Nasrizal

Untuk kategori pelajar/ siswa SMP/MTs adalah hadiah sepeda diraih oleh Faizul, siswa MA Darul Ulum, Banda Aceh.

Sedangkan untuk hadiah kedua yang menerima bingkisan menarik dari POTRET Gallery adalah Nurmarita, siswa kelas XII SMA Negeri 1 Ranto Peureulak, Aceh Timur

Selamat kepada para pemenang, dan terima kasih banyak kepada yang sudah berpartisipasi dalam kegiatan ini. Harapannya, semakin banyak pihak yang mau mengadakan lomba menulis seperti ini, karena dengan cara ini bisa mendorong masyarakat untuk lebih aktif menulis sebagai bagian dari upaya membangun gerakan literasi anak negeri.

Kepada pemenang yang berdomisili di Banda Aceh, hadiah sepeda dapat diambil di POTRET Gallery, di Jalan Prof Ali Hasyimi, Pango Raya, seminggu setelah pengumuman dikeluarkan. Sedangkan yang berdomisili di luar kota, sepeda akan dikirimkan ke alamat pemenang.

Keputusan juri, sebut Tabrani Yunis adalah final dan tidak dapat diganggu gugat.

“Saya ucapkan selamat kepada para pemenang dan terima kasih kepada Toko Serikat Bike yang ikut menjadi sponsor utama dan pihak lain yang ikut membantu,” tutupnya.

BERITA MINGGUAN

TERBARU

BERITA TERHANGAT

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT