Perpustakaan dan Kearsipan Dituntut Selenggarakan Layanan Publik yang Dinamis

Idi – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh melaksanakan kegiatan rapat koordinasi teknis (Rakornis) di Hotel The Royal Idi, Kabupaten Aceh Timur, Rabu, 10 Agustus 2022.

Dalam kesempatannya, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh, Dr. Edi Yandra mengatakan, rakornis ini kiranya dapat dijadikan wadah untuk merumuskan arah kebijakan pembangunan Perpustakaan dan Kearsipan serta mensinergikan program/kegiatan antara pemerintah Pusat, Daerah, dan Pemerintah Kabupaten/Kota dalam mewujudkan tujuan pembangunan.

“Perkembangan teknologi informasi dan pengaruh globalisasi telah membuat kebutuhan masyarakat akan informasi terus meningkat. Lembaga perpustakaan dan kearsipan dituntut untuk terus berbenah dalam menyelenggarakan layanan publik yang baik dan dinamis. Hak publik untuk mendapatkan bahan bacaan serta informasi yang berkualitas dan layanan pengelolaan kearsipan harus mampu kita fasilitasi dengan baik,” ujarnya.

Plt Sekda Aceh Timur T. Reza rizki, dalam sambutannya mengharapkan rakornis ini dapat merumuskan kebijakan yang membawa kemajuan pada dunia kearsipan dan literasi di Aceh.

“Kita harus menyadari kearsipan dan perpustakaan merupakan hal yang sangat penting saat ini,” ujar T. Reza rizki.

Sementara itu Kepala ANRI Drs. Imam Gunarto mengajak seluruh Kepala Dinas beserta pejabat dan jajaran Dinas Perpustakaan Kabupaten/Kota se Aceh untuk beretikat membawa kembali kejayaan kearsipan dan dunia literasi di Aceh, dimana hal ini didukung banyaknya sejarah dan peninggalan sejarah Aceh yang dapat menjadi bahan rujukan dunia.

“Kita juga sedang meningkatkan SDM kearsipan kita, termasuk di Aceh yang saat ini jadi tujuan dari seluruh penjuru dunia dari aspek pembelajaran kebencanaan. Kita memiliki arsip terkait bencana tersebut, seperti arsip tsunami dan beragam nilai budaya serta sejarah. Ini sangat penting,” ujarnya

Drs. Imam Gunarto meminta peningkatan jesadaran masyarakat tentang pentingnya arsip dan pustaka sebagai dokumen penting dalam penentuan arah kebijakan pada masa mendatang serta keberadaan pustaka dalam kaitannya mencerdaskan masyarakat sesuai dengan perkembangan teknologi informasi.

TERBARU

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT