Sekda Aceh Jaya jadi Instruktur Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-28

Calang, JBA – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Aceh Jaya, T. Reza Fahlevi, MM, bertindak sebagai instruktur pada Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah ke XXVIII yang digelar di Halaman Kantor Bupati Aceh Jaya, Kamis 25 April 2024.

Upacara ini diikuti oleh seluruh jajaran Forkopimda, SKPD, dan ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya.

Upacara yang diikuti seluruh ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya ini, mengusung tema “Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan Sehat”.

Dalam amanatnya, Reza menyampaikan pesan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian yang menekankan pentingnya otonomi daerah dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan menuju ekonomi hijau dan lingkungan yang sehat.

“Otonomi daerah merupakan amanah dan tugas untuk membangun keberlanjutan dalam pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup di tingkat lokal serta mempromosikan model ekonomi yang ramah lingkungan,” ujar Sekda Aceh Jaya tersebut membacakan amanat Mendagri.

Tito juga menyampaikan bahwa setelah 28 tahun berjalan, otonomi daerah telah memberikan dampak positif, berupa meningkatnya angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM), bertambahnya Pendapatan Asli Daerah (PAD), dan kemampuan fiskal daerah.

“Kepada daerah-daerah otonom baru yang telah berhasil meningkatkan PAD dan kemampuan fiskalnya, diharapkan agar dimanfaatkan untuk program-program pembangunan dan kesejahteraan rakyat,” kata Tito.

Tito juga mengingatkan kepada daerah yang kemampuan PAD dan fiskalnya baik tetapi IPM-nya masih rendah, angka kemiskinan masih cukup tinggi, dan akses infrastruktur belum baik, perlu kiranya melakukan evaluasi untuk memastikan bahwa penyusunan program dan kegiatan dalam APBD agar tepat sasaran, efektif, serta efisien.

BERITA MINGGUAN

TERBARU

BERITA TERHANGAT

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT