Gerai UMKM Binaan Pokjaluh Pidie Sukses Jual 2,5 Ton Kurma

Sigli, Jaringanberitaaceh.com – Munira Olshop yang beralamat di Lamlo, Pidie merupakan Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM binaan Kelompok Kerja Penyuluh (Pokjaluh) Agama Islam Kabupaten Pidie dalam pengurusan sertifikasi halal. Setelah memperoleh Sertifikat Halal pada Desember 2022 dengan Nomor ID11110000698781122, bisnis ini berhasil meningkatkan omset penjualan terhadap produk kurma sukari dan ajwa yang bersertfikat halal, total mencapai 2,5 ton lebih sejak akhir Februari 2023. Konsumennya di Aceh dan beberapa provinsi di luar Aceh.

Penetapan label halal pada setiap produk pangan merupakan amanah Undang undang melalui Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal Kementerian Agama (BPJPH Kemenag) yang berlaku secara nasional, yang diatur dalam Keputusan Kepala BPJPH Nomor 40 Tahun 2022 tentang Penetapan Label Halal, sebagai upaya melaksanakan Pasal 37 Undang-undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal (JPH), serta bagian dari pelaksanaan amanat Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 39 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Bidang JPH.

Ketua Pokjaluh Pidie, Rinaldi SAg dalam laporannya Kamis,13 April 2023 menyampaikan Penyuluh Agama Islam (PAI) mempunyai tugas berat menyukseskan program sertifikasi halal secara nasional. Di Pidie, Pokjaluh Agama Islam menjadikan Munira Olshop yang bergerak di penjualan kurma dan beberapa produk oleh-oleh haji umrah sebagai binaan (pilot project).

“Hingga bulan Ramadhan ini, kita terus melakukan pendampingan termasuk membina manajemen marketing, apalagi dengan keluar sertifikat halal, penjualan mengalami peningkatan signifikan,” katanya.

Owner Munira Olshop, Yeni Rahmah menyebutkan penjualan kurma tahun ini mengalami tren positif seiring dengan keluar sertifikat halal,l.

“Terima kasih kepada Pokjaluh Pidie atas pendampingan usaha kami dan juga kepada BPJH, atas kemudahan dalam pengurusan sertifikasi halal,” ucap Rahmah.

Rahmah juga menyebutkan penjualan secara offline di Gerai Toko, di Jalan Bereunun-Tangse Km. 4, Mali Guyui, Kecamatan Sakti. Secara online di Marketplace Shope, Tiktok, juga pemesanan melalui whatshap, yang dilayani secara trasfer dan Cash On Delivery (COD).

Tidak hanya produk kurma, coklat, kacang-kacangan saja, tapi juga 0akaian khas bordiran Aceh tersedia. Semua produk di Munia Olshop diupayakan bersertifikat halal.

TERBARU

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT