50 Santri dan Guru Dayah Banda Aceh Dilatih Life Skill

Banda Aceh, Jaringanberitaaceh.com – Dinas Pendidikan (Disdik) Dayah Kota Banda Aceh menyelenggarakan pelatihan Life Skil bagi santri dan guru dayah, dilaksanakan di Hotel Grand Permata Hati, Blang Oi, Kecamatan Meuraxa, Banda Aceh, 20-21 Juni 2023.

“Kegiatan ini dibuka langsung oleh Staf Ahli Wali Kota Banda Aceh, Tgk Alizar Usman SAg MHum,” ungkap Muhammad SSos MM, Kadisdik Dayah Kota Banda Aceh.

Ia menyebutkan kegiatan diikuti 50 orang peserta dengan menghadirkan Trainer profesional, Hj Nurhayani, Pimpinan Ceknong Kustum. Trainer bersertifikasi nasional dari Kementerian Tenaga Kerja RI dan Kemendikbud RI sengaja dihadirkan dalam rangka melatih cara cepat menjahit bagi santri dan guru dayah.

Kegiatan ini dinilai strategis, dalam rangka mewujudkan kemandirian ekonomi dayah pada 2023. Lebih lanjut, Muhammad mengatakan bahwa santri dan guru dayah perlu diberikan Ilmu menjahit, agar punya ketrampilan khusus sehingga bisa membuka lapangan kerja dan bagian dari ikhtiar dalam menopang ekonomi santri dan guru dayah. Santri dan guru Dayah bukan hanya semata-mata mendalami ilmu agama, tetapi juga ilmu lainnya yang dirasakan bermanfaat langsung, termasuk ilmu menjahit.

Lebih lanjut Muhammad mengatakan tahun 2023 Disdik Dayah Kota Banda Aceh punya perhatian khusus dalam pemberdayaan ekonomi dayah. Karena itu berbagai pelatihan yang mendorong terwujudnya kemandirian ekonomi menjadi penting untuk dilaksanakan seperti pelatihan UMKM dayah, pelatihan Life Skill serta berbagai pelatihan sesuai perkembangan zaman.

Sementara Wali Kota Banda Aceh yang dalam hal ini diwakili Staf Ahli Wali Kota, Alizar Usman, mengatakan di Provinsi Aceh bahkan termasuk Indonesia sudah banyak seekali profil tentang bagaimana seorang santri dayah yang bahkan belum lulus kuliah sudah berhasil menjadi pengusaha sukses. Ini karena santri dan guru dayah mampu membaca peluang yang ada, khususnya dalam membuka usaha.

“Saya menilai pelatihan yang dilaksanakan Disdik Dayah Banda Aceh merupakan peluang bagi santri dan guru dayah untuk menjadi entrerprener sehingga kegiatan seperti ini perlu dilakukan secara berkesinambungan,” ucapnya saat memberikan sambutan tertulis Wali Kota Banda Aceh pada acara pembukaan pelatihan Life Skill.

Turut hadir kepala OPD atau yang mewakili pada acara pembukaan yaitu Kepala Dinas Syariat Islam, Kakanmenang Kota Banda Aceh, Kepala Baital Mal Kota Banda Aceh serta pejabat struktural dilingkungan Disdik Dayah Kota Banda Aceh.

TERBARU

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT