Pemkab Aceh Jaya dan UGM Kerja Sama Bidang Pendidikan dan Penelitian

Yogyakarta, Jaringanberitaaceh.com – Pj Bupati Aceh Jaya, Dr Nurdin SSos MSi dan Rektor Universitas Gajah Mada, Prof dr Ova Emilia MMed PhD menandatangani Nota Kesepahaman tentang Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat di Ruang Multi Media I, Universitas Gajah Mada Yogyakarta pada Senin, 13 Maret 2023.

Dalam kesepakatan tersebut, Pj. Bupati Aceh Jaya dan Rektor Universitas Gajah Mada sepakat untuk memperkuat kerja sama dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan kemajuan daerah Aceh Jaya

Dr. Nurdin menyatakan bahwa Aceh mempunyai Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah, Sumber Daya Manusia (SDM) yang cukup bagus dan letak geografis yang sangat strategis. Akan tetapi karena terjadinya konflik yang berkepanjangan, disusul bencana tsunami, PMK, dan terakhir Covid-19. Hal ini mungkin menjadi penyebab kemunduran kehidupan masyarat di Aceh. Mudah-mudahan dengan adanya dukungan dari Universitas Gajah Mada (UGM) kami bisa melangkah dengan cepat dan yakin bahwa kami bisa mengejar ketertinggalan diantara kabupaten lain di Indonesia

Nota Kesepahaman tersebut mencakup beberapa poin penting, antara lain peningkatan kerjasama dalam bidang penelitian, pengembangan program pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan daerah, serta pengembangan program pengabdian kepada masyarakat yang dapat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat Aceh Jaya

“Kami berharap melalui kerjasama ini, tangan Universitas gajah Mada akan sampai ke Aceh Jaya, kami ingin mendapatkan dukungan serta manfaat dari ilmu dan penelitian yang dikembangkan di Universitas Gajah Mada (UGM) sehingga Aceh khususnya Aceh jaya bisa menjadi lebih baik.” Lanjut Dr. Nurdin.

Dirinya melanjutkan, Aceh jaya merupakan salah satu kabupaten yang terkena gelombang Tsunami cukup parah, sehingga mengakibatkan kehilangan banyak Sumber Daya Manusia (SDM) dan kerusakan besar pada infrastruktur. Namun, dengan upaya dari pemerintah selama 19 tahun belakangan ini, Kabupaten Aceh Jaya sudah banyak mengalami kemajuan. “Alhamdulillah dengan beberapa upaya yang telah kita lakukan pada tahun 2022, telah menempatkan Kabupaten Aceh Jaya sebagai Kabupaten salah satu kabupaten dengan tingkat penurunan angka kemiskinan juga penanganan stunting yang paling bagus di Aceh. Oleh karena itu, dengan adanya dukungan-dukungan ini dan kolaborasi bersama akan mempercepat dan mempermudah apa yang telah kita rencanakan demi kemajuan Bersama.” Ujar Orang Nomor Satu di Aceh Jaya tersebut.

Nota kesepahaman dengan nomor 515.42/03/11/NK/2023 tersebut berlaku untuk jangka waktu 5 (lima) tahun dan diharapkan kerjasama antara Penjabat Bupati Aceh Jaya dan Rektor Universitas Gajah Mada ini dapat memberikan dampak positif bagi pembangunan daerah Aceh Jaya dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Kabupaten Aceh Jaya.

“Saya mewakili pemerintah dan Masyarakat Kabupaten Aceh Jaya mengucapkan terimakasih kepada ibu Rektor Universitas Gajah Mada (UGM) atas dukungan dan kepercayaannya kepada kami,” tutup Dr. Nurdin.

BERITA MINGGUAN

TERBARU

BERITA TERHANGAT

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT