Penyuluh Aktor Resolusi Konflik Aceh Isi Materi Moderasi Beragama

Tapaktuan, JBA – Seksi Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam, Kantor Kemenag Kabupaten Aceh Selatan mengadakan sosialisasi Kampung Moderasi Beragama, di Gampong Kuta Blang, Kecamatan Samadua, Kamis, 24 Agustus 2023.

Kegiatan ini merupakan lanjutan dari pemilihan Kampung Moderasi Beragama yang telah dilakukan beberapa waktu lalu. Gampong Kuta Blang terpilih sebagai rintisan. Kampung moderasi beragama merupakan program Kemenag untuk membentuk sebuah kampung yang memiliki toleransi dan menciptakan kerukunan internal umat beragama dan antar umat beragama.

Sosialisasi ini diisi Kasi Bimas Islam Kemenag Aceh Selatan, Aljabar Fauzi SAg dan Penyuluh Agama Islam yang juga agen resolusi konflik (ARK) Ustaz Khaifal Muddin SHI.

Kaifal Muddin menyapiakan perlunya moderasi beragama dipahami oleh seluruh lapisan masyarakat, agar tidak ada kesenjangan sosial antara internal umat, sehingga tercipta lingkungan yang toleran.

“Adanya keseimbangan yang dalam bahasa Alquran disebut tawazun, maka akan mampu meredam potensi konflik di tengah tengah umat,” jelasnya.

Menurut alumni SPARK 2023 Subdit Bina Paham Keagamaan Islam dan Pencegahan Konflik (BPKI-PK) ini, keberagaman merupakan kekuatan besar untuk menjaga keutuhan NKRI. Itu salah satu tujuan adanya kampung moderasi beragama oleh Kementerian Agama.

Dalam sosialisasi ini mantan Kepala Kankemenag Aceh Barat Daya, Drs H Shalihin Mizal MA, Kepala KUA Samadua, Drs Asmadi, Ketua Kelompok Kerja Penyuluh (Pokjaluh) beserta Penyuluh Agama Islam KUA Samadua, serta dihadiri keuchik, imum chiek dan seluruh perangkat desa, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat Gampong Kuta Blang.

BERITA MINGGUAN

TERBARU

BERITA TERHANGAT

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT