Disdik Dayah Banda Aceh Optimis Latih Keterampilan Menulis bagi Guru dan Santri

Banda Aceh, Jaringanberitaaceh.com – Dinas Pendidikan Dayah (Disdik Dayah) Kota Banda Aceh akan menyelenggarakan Pelatihan Menulis Ilmiah bagi santri dan guru dayah, 15-17 Agustus 2022, di Banda Aceh.

Kegiatan yang bertajuk “Budaya Literasi di Era Milenial” menghadirkan pemateri Dosen Universitas Serambi Mekkah, Tgk Rahmadon MEd PhD, dosen Fakultas Syariah dan Hukum UIN Ar-Raniry, Badri SHI MH, diikuti 50 peserta dari seluruh dayah di Banda Aceh.

Kepala Disdik Dayah Banda Aceh, Muhammad Ssos MM mengatakan kegiatan ini dinilai strategis, karena budaya literasi sudah menjadi program nasional, sekaligus mengasah ketajaman intelektual santri dan guru dayah dalam mempublis berbagai resume kitab yang dipelajari di dayah.

“Tradisi dan budaya menulis menjadi penting diasah di dayah, baik salafiyah maupun modern,” ujarnya.

Harapannya, setelah ini, guru dan santri dayah terbiasa menulis ilmiah. Setidaknya mampu menerjemah isi-isi kitab klasik secara tekstual yang nantinya menjadi referensi dan gerakan dakwah bilisan.

Ia menjelaskan bahwa menulis merupakan perintah Agama Islam, yang disebutkan dalam Surah Al-Alaq, yakni iqra’ yang artinya bacalah. Jika tidak ada yang ditulis tidak mungkin ada yang bisa dibaca.

“Kenapa ulama dahulu sampai sekarang bertahan dan diingat, karena peninggalan tulisannya. Jadi keinginan kami bagaimana mencerdaskan santri hari ini sesuai dengan zamannya, maka salah satunya dengan melatih menulis ilmiah,” ungkap Muhammad.

Sementara Kabidan SDM dan Manajemen, Muhammad Syarif SHI MH mengatakan peserta nantinya juga dilakukan penilaian karya tulis oleh narasumber, pada hari terakhir dan diberikan bonus kepada sepuluh peserta terbaik. Ini bagian dari ikhtiar Disdik Dayah Banda Aceh untuk mengasah ketajaman intelektual santri dan guru dayah dalam bidang penulisan ilmiah.

“Kita juga mendorong, ke depan santri dan guru dayah di Banda Aceh menulis buku dan artikel di berbagai media, baik lokal dan nasional. Harapannya tulisan terbaik nantinya akan mewarnai portal sidara secara konsisten,” ujarnya.

spot_img
spot_img
spot_img

TERBARU

spot_img
spot_img

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT

1 KOMENTAR

Komentar ditutup.