Promosikan Sports Tourism, Gubernur Buka Tour De Sabang di Nol Kilometer Indonesia

 

Sabang, Jaringanberitaaceh.com – Gubernur Aceh Nova Iriansyah membuka kegiatan “Tour de Sabang 2021” di titik Nol Kilometer Indonesia, Minggu (28/11/2021).

Pembukaan ditandai dengan pelepasan para atlet balap sepeda di garis start titik Nol Kilometer Indonesia menuju garis finish di area Sabang Fair. Melalui even ini diharap dapat menjadikan Sabang sebagai lokasi tujuan wisata olahraga atau Sports Tourism.

Dalam kegiatan itu Nova didampingi Ketua Pengurus Provinsi Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) Aceh, Darwati A. Gani, Dirut Bank Aceh Syariah Haizir Sulaiman, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Aceh Dedy Yuswadi, unsur Forkopimda Kota Sabang, serta sejumlah pejabat lainnya.

Event Tour de Sabang merupakan program yang digagas sebagai upaya pembinaan dan peningkatan prestasi olahraga, khususnya balap sepeda yang merupakan bagian dari kerja Pengprov Ikatan ISSI Aceh. Selain itu even itu juga persiapan Aceh sebagai tuan rumah PON XXI tahun 2024.

Lebih jauh, even itu juga rencananya akan ditingkatkan menjadi kejuaraan tingkat internasional, sebab Tour de Sabang ini telah masuk dalam kalender Union Cycliste Internationale (UCI) Gran Fondo.

Ada dua kategori yang dipertandingkan dalam Tour de Sabang ini, yakni sepeda gunung (mountain bike) dan sepeda balap (road bike). Untuk kategori sepeda gunung telah dimulai sejak kemarin. Sedangkan yang berlangsung hari ini yaitu kategori road bike.

Gubernur Nova dalam penyampaiannya di hadapan para atlit menyebutkan, Pemerintah Aceh akan terus mendukung kemajuan dunia olahraga di Aceh, termasuk balap sepeda. Dukungan itu di antaranya akan dilakukan dengan memperbanyak even olahraga.

Ia juga berharap kegiatan itu dapat menjadikan Sabang sebagai salah satu destinasi sports tourism.

“Kalau ini nanti punya gaung yang bagus, tentu saya bersama Bu Darwati akan berusaha membuat even sebanyak-banyaknya,” ujar Nova.

Kepada para pembalap Nova juga berpesan agar berhati-hati mengingat jalur tempuh yang dipenuhi tanjakan, turunan serta tikungan yang tajam.

Sementara itu Ketua Pengurus Provinsi Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) Aceh, Darwati A. Gani, dalam penjelasannya menyampaikan syukur atas terselenggaranya even itu.

Ia juga berharap kegiatan dimaksud dapat menjadi even tahunan di Aceh, dengan gaung yang lebih besar lagi dan diikuti peserta dari berbagai provinsi.

Usai pelepasan para atlet, gubernur bersama ketua ISSI Aceh serta pejabat lainnya segera bertolak ke lokasi finish di area Sabang Fair. Di sana mereka bersama dewan juri menunggu para pembalap untuk proses penilaian akhir dan penentuan pemenang.

Kepada para pembalap yang kemudian berhasil tampil sebagai juara dilakukan penyerahan penghargaan di lokasi tersebut. Penentuannya pemenang masing-masing dibedakan berdasarkan kategori yang ada. (*)

spot_img
spot_img
spot_img

TERBARU

spot_img
spot_img

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT