Sewa Labi-labi, Mahasiswa Asal Thailand Berlebaran ke Rumah Dosen di Aceh Besar




Jantho, Jaringanberitaaceh.com – Sejumlah mahasiswa asal Pattani, Thailand bersilaturahmi ke rumah dosen di Aceh Besar dan Banda Aceh, pada 3 Syawal 1443 H, bertepatan dengan Rabu, 4 Mei 2022.

Seperti diketahui, kampus di Aceh dalam beberapa tahun ini banyak menerima mahasiswa dari berbagai negara, termasuk Malaysia.

“Mereka tersebar di berbagai kampus kebanggaan rakyat Aceh,” ujar Tgk Furqan MA, dosen di Universitas Serambi Mekkah (USM) Banda Aceh, saat menerima kunjungan mahasiswa asal Thailand, di Lampasi Engking, Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar, Rabu 4 Mei 2022.

Menurutnya, khusus mahasiswa asal Pattani, setiap lebaran mereka menginisiasi silaturahmi ke rumah-rumah dosennya, dengan cara menyewa labi-labi.

“Rabu kemarin, ada dua labi-labi, yang satu pergi ke kediaman dosen lainnya. Mereka membagi waktu dan anggota untuk tetap bisa menyambung silaturahmi,” ujar dosen KPI ini.

Mereka ada yang kuliah di UIN Ar-Raniry Banda Aceh, USM, Universitas Iskandar Muda (Unida) dan beberapa kampus lain di Aceh.

Saat ini, mahasiswa asing itu ada 30 orang. Tinggal di asrama Jalan Inong Balee, Darussalam, Banda Aceh.

Sebagiannya studi S1, S2, dan S3. Mereka aktif di beberapa organisasi, bahkan salah satunya ada membuka kelas belajar seni bela diri, yang terkenal di negeri Gajah Putih itu, yaitu Muay Thai

“Kalau kita pernah nonton film Action Ong Bak, tentu tau seni bela diri yang diperagakan pada film itu,” pungkas pria yang aktif di NU itu.

Kesehariannya, mereka menggunakan bahasa Melayu untuk tetap bisa berkomunikasi dengan masyarakat Aceh.

“Semoga mereka semuanya sukses,” doa sang dosen. (*)

spot_img
spot_img
spot_img

TERBARU

spot_img
spot_img

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT