Curhat Anies Formula E Digusur ke Ancol Berujung Hikmah untuk JIS

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bercerita soal pemilihan lokasi venue Formula E yang mulanya hendak digelar di kawasan Monas, Jakarta Pusat, hingga berujung diselenggarakan di Ancol, Jakarta Utara.

Anies mengatakan ada hikmah dari terpilihnya Ancol usai ditolak di lokasi-lokasi sebelumnya termasuk Monas.

Ia menyampaikan hal itu dalam acara PKS DKI beberapa hari lalu. Kala itu, Anies lalu menyinggung rencana awal Formula E Jakarta yang hendak digelar di Monas.

Anies mengaku ingin Monas jadi lokasi venue balap mobil listrik demi mengenalkan ikon Jakarta ke masyarakat dunia. Sebab, Formula E Jakarta akan disiarkan di 170 negara.

“Ini disiarkan langsung lebih dari 170 negara, menyiarkan langsung pertandingan itu. Kami ingin kita punya ikon yang dunia tahu, kenapa ingin di Monas? Supaya wajah Monas itu, gambar Monas itu nanti menjadi ikon dunia,” kata Anies dalam video yang diunggah oleh relawan Anies Baswedan, Geisz Chalifah, di media sosialnya.

“Itu cita-citanya. Eh, enggak boleh Bapak-Ibu. Ya, sudah, jadi pindah ke mana? Pindah ke Ancol,” sambung Anies.

Lokasi venue Formula E Jakarta awalnya memang ditetapkan di Monas, Jakarta Pusat. Namun, lokasi itu tak direstui oleh Sekretariat Negara. Saat itu, Setneg mengaku khawatir ajang balapan mobil listrik itu akan merusak Monas sebagai bangunan cagar budaya.

Lebih lanjut, Anies menyebut gagalnya Monas menjadi lokasi Formula E justru memberikan hikmah tersendiri. Dengan tidak diizinkannya Monas, sirkuit Formula E akhirnya dibangun di kawasan Ancol, berdekatan dengan Jakarta International Stadium (JIS).

“Subhanallah, apa yang terjadinya? Gambarnya latar belakangnya Jakarta International Stadium (JIS),” kata Anies disambut tepuk tangan orang yang hadir.

“Jadi nanti kalau pertandingan background-nya JIS. Bukan kita yang menyiapkan. Digusur, digusur, digusur ya akhirnya kita di sini,” lanjut Anies.

Menurut Anies, hikmah tersebut yakni menjadikan JIS sebagai ikon baru Jakarta setelah menjadi latar belakang balap mobil Formula E.

“Dan ketika di sini akhirnya nanti yang menjadi ikon Jakarta adalah JIS. Alhamdulillah. Padahal dulunya rencananya adalah Monas. Ini adalah hikmah yang muncul kemudian,” kata Anies.

Seperti diketahui, Formula E Jakarta akan digelar di Sirkuit Ancol, Sabtu 4 Juni 2022. Ancol dipilih diantara sejumlah lokasi lain yang dipertimbangkan panitia, termasuk Monas.

Balapan Ini merupakan seri kesembilan yang merupakan ajang balapan pertama pada paruh kedua musim 2022.

TERBARU

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT