Dyah Minta Kader PKK Maknai Esensi Dari Mensejahterakan Keluarga




Calang, Jaringanberitaaceh.com – Tim Penggerak PKK mempunyai tugas utama meningkatkan kesejahteraan keluarga. Karena itu Ketua TP PKK Aceh, Dyah Erti Idawati, meminta agar seluruh kader PKK untuk kembali memaknai esensi dari tujuan PKK, dalam hal mensejahterakan keluarga.

“Esensi kesejahteraan bukan hanya pasal perekonomian saja, namun kesehatan juga menjadi bagian dari kesejahteraan,” kata Dyah saat memberikan pembinaan Rumoh Gizi Gampong (RGG) dan Gampong Mawaddah Warrahmah (Gammawar) di Gampong Leupe, Kecamatan Jaya, Kabupaten Aceh Jaya, Senin (13/12/2021).

Menurut Dyah, untuk menjamin peningkatan mutu kesejahteraan dalam kehidupan masyarakat harus didukung dengan kehidupan dan tubuh yang sehat.
Sebab kesejahteraan tanpa didukung tubuh yang sehat menjadi sesuatu yang tidak efektif.

“Tanpa mengedepankan kesehatan juga tidak baik. Karena Aceh akan hebat jika memiliki masyarakat dan generasi yang sehat dan cerdas pula,” ujar Dyah.

Seperti halnya, program yang sedang digencarkan PKK Aceh saat ini, Gampong Mawaddah Warrahmah (Gammawar). Program tersebut menitik beratkan pada pembinaan yang menyasar keluarga, baik di gampong maupun perkotaan.

Dengan harapan, masyarakat di pedesaan dan perkotaan akan lebih solid, kompak, dan saling melindungi, untuk menangkal segala penyakit sosial yang saat ini semakin meresahkan masyarakat.

“Banyak penyakit sosial narkoba, KDRT, dan pelecehan seksual. Kalau itu bisa kita antisipasi mulai dari tingkat keluarga yang sakinah mawaddah dan warahmah, pasti tidak ada perbuatan yang meresahkan itu. Tentunya semua itu di balut dalam bingkai syariah yang menjadi identitas kita,” sebut Dyah.

Selain itu, Dyah menuturkan, sebagai lembaga yang memiliki kader hingga ke pelosok gampong, PKK juga dipercaya sebagai mitra kerja pemerintah, dengan berperan serta dalam bekerja dan menyosialisasikan berbagai program kerja pemerintah di setiap lini.

“Apapun yang menjadi program pemerintah, kita yang terdepan membantu. Mohon diingat, PKK adalah mebantu program pemerintah, baik Pemerintah Aceh maupun desa,” katanya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Aceh Jaya, Nani Wijaya, mengaku sangat berterima kasih kepada Istri dari Gubernur Aceh itu, lantara telah menyediakan waktunya untuk secara langsung meberikan pembinaan bagi kader PKK di Gampong Leupee.

Ia menyebutkan, Gampong Leupee memiliki 127 Kartu Keluarga, dan memiliki 10 dasa wisma.

“Dasa wisma inilah yang menjadi ujung tombak terselenggaranya kegiatan PKK di sini (gampong), merekalah yang akan menjalankan 10 program pokok PKK,” katanya.

Maka itu, ia tidak henti-hentinya berterima kasih, karena PKK provinsi telah memberikan perhatian dan tenaganya untuk membina TP PKK di gampong tersebut. (*)

spot_img
spot_img

TERBARU

spot_img

BERITA TERHANGAT

spot_img
spot_img

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT