Kemenag Aceh Besar Laksanakan Manasik Haji 2024

Jantho, JBA – Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kabupaten Aceh Besar, H Saifuddin SE mengatakan bimbingan dan manasik haji menjadi kewajiban Kemenag secara nasional dan ini melekat. Manasik haji sangat penting, sebab saat jemaah calon haji (JCH) pindah lokasi dari tanah air ke Arab Saudi, tentu butuh pemahaman matang karena beda kondisi alam.

“Kita Aceh Besar akan berangkat, 29 Mei 2024 dan masuk kelompok terbang (Kloter) pertama Aceh,” jelas Saifuddin dalam sambutan pembukaan Bimbingan Manasik Haji Kabupaten Aceh Besar Tahun 1445 H/2024 M yang dilaksanakan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Besar, di Masjid Alfaizin, Lampeuneurut, Aceh Besar, Senin, 22 April 2024.

Harapannya, sejak hari ini mari ikuti dengan baik rangkaian manasik haji, karena waktu keberangkatan dan pelaksanaan haji makin dekat.

“Semoga semua JCH menjaga apa yang diamanatkan oleh dokter dengan cara rutin olahraga dan mejaga pola makan, supaya JCH Aceh Besar tidak ada yang gagal berangkat pada hari H,” jelasnya dalam acara yang dihadiri Kasi Haji, H Azhari, Kasi Pendidikan Madrasah, H Suryadi SAg MSi, Bimas Islam, H Akhyar MAg dan petugas haji.

Ia menyebutkan kondisi ini sering terjadi, saat berada di asrama haji dan mau diberangkatkan justru gagal karena kesehatan. Jadi mohon jaga kesehatan sejak sekarang.

Saifuddin mengatakan nanti ada pemateri yang bimbing, mohon ikuti secara maksimal, supaya semua JCH paham yang disampaikan oleh pemateri.

Ia menyebutkan kondisi Aceh dengan Arab Saudi jauh beda. Maka perlu bejalar sungguh-sungguh, harus pahami supaya tergambar kondisi di tanah suci dan asrama. Ini penting supaya nanti saat ada masalah mudah ditangani.

Saifuddin meminta JCH menjaga kekompokan, jaga etika, tunjukkan orang Aceh Besar itu santun. Jangan buat nama baik Aceh Besar buruk. Terakhir doakan kami yang tinggal di tanah air. Doakan Indonesia selalu jaya serta sejahtera, khususnya mendoakan untuk kemajuan Aceh Besar.

Pj Bupati Aceh Besar yang diwakili Asisten I, Farhan SE mengatakan tidak semua orang akan terpilih walaupun sudah mendaftar, maka manfaatkan dan ikuti secara sempurna manasik haji.

“Hari ini pembukaan, nanti ada tiga wilayah yang terus dilaksanakan manasik hingga selesai,” ucapnya saat membuka Bimbingan Manasik Haji Kabupaten Aceh Besar Tahun 1445 H/2024 M.

Ia mengatakan semua JCH butuh bekal dan ilmu yang harus disiapkan saat ibadah haji. Siapkan fisik untuk menghadapi perbedaan cuaca dan iklim di Arab Suadi. Apabila ada keluhan kesehatan sebelum keberangkatan, silakan datangi Puskesmas dan konsultasi dengan dokter yang telah ditentukan.

Farhan memohon doa dari JCH untuk kemaslahatan, kemakmuran, dan keselamatan semua, khususnya Aceh Besar supaya dapat melaksanakan pemerintahan dengan baik demi kemakmuran masyarakat.

BERITA MINGGUAN

TERBARU

BERITA TERHANGAT

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT