Bupati Haili Yoga Sampaikan Perdagangan Kopi Harus Tertata dari Hulu Hingga Hilir




Banda Aceh, Jaringanberitaaceh.com – Pj Bupati Haili Yoga temui Kadis Perdagangan Aceh Tanwir dalam rangka pengusulan program penyediaan Lantai Jemur Kopi dengan model Dry House, di ruang kerjanya, Banda Aceh, Jum’at, 12 Agustus 2022.

Haili Yoga menjelaskan, saat ini Pemerintah Kabupaten Bener Meriah sedang berupaya memfasilitasi petani dan pedagang kopi agar tidak ada kendala dalam posisi mulai masa panen, pasca panen dan proses penjualan.

“Ketika musim panen tiba selalu mengalami masalah dalam pengeringan kopi, dikarenakan cuaca hujan, sehingga harus di jemur ke daerah Bireuen dan Aceh Utara yang bisa menimbulkan kenaikan biaya,” ujarnya.

Dampak lain yang tidak kita harapkan kata Haili Yoga adalah turunnya kualitas kopi akibat proses penjemuran yang tidak optimal yang dapat mempengaruhi cita rasa kopi Gayo.

Tanwir dalam kesempatan itu mengapresiasi langkah Pj Bupati Bener Meriah, ia menjelaskan bahwa Program tersebut dapat dijadikan usulan di tahun 2023 oleh SKPA yang dipimpinnya.

“Saat ini terdapat penambahan pembiayaan Kredit Usaha Rakyat, sebesar 300 miliar pada Bank Syariah Indonesia untuk Provinsi Aceh, yang mana dapat dijadikan solusi permodalan bagi Pelaku perdagangan kopi,” jelas Tanwir.

Tampak hadir mendampingi Pj Bupati Bener Meriah, Kepala Dinas Pertanian Nurisman, Kepala Dinas PUPR Erwin, Kepala Dinas Perhubungan Abdul Gani dan Kepala Bidang Perdagangan Sapri.

spot_img
spot_img
spot_img

TERBARU

spot_img
spot_img

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT