PT BMU Bantah Tuduhan Pencemaran Lingkungan

Tapaktuan, Jaringanberitaaceh.com – Pihak PT Beri Mineral Utama (BMU) angkat suara atas tudingan oknum masyarakat yang menyebutkan ada sianida yang mengalir ke sungai dan PT BMU dinilai mengabaikan dampak lingkungan.

Menurut seorang pekerja, yang tidak mau disebutkan namanya, pada media ini mengataka  selama ia beraktifitas di PT BMU, tidak ada aktifitas atau pemakaian sianida. Bahkan, proses perendaman dan aktifitas belum dilakukan.

“Saat ini belum ada aktifitas yang menggunakan sianida dan pembiaran atas dampak lingkungan. Itu semua tidak benar,” katanya pada, di Aceh Selatan, Minggu, 21 Mei 2023.

Menurutnya, aktivitas pertambangan sudah sesuai koridor yang ada, tanpa melakukan pelanggaran seperti yang dituduhkan.

“Kami memang menambang di kawasan Menggamat, tapi sebagai pekerja, kami tidak pernah melepas tanggung jawab keselamatan alam dan lingkungan,” ucapnya.

Seorang aktivis, Imam langsung mendatangi lokasi yang dimaksud untuk memastikan adanya sianida dan pengabaian terhadap lingkungan.

“Untuk menghindari kesalahpahaman atas pemberitaan kemarin, kami langsung cek ke lokasi, agar tidak adanya opini liar yang muncul. Apakah yang dituduhkan itu benar atau tidak,” terangnya.

Menurut Imam, selama memantau aktifitas tambang dan langsung cek ke lokasi, tidak ditemukan sianida dan aliran sungai yang berdampak pada lingkungan.

“Belum ada aktifitas yang memakai sianida dan aliran sungai hanya sebuah parit kecil untuk aliran sungai biasa, karena dampak hujan. Apa yang saya katakan ini benar, karena saya langsung meminta izin dan cek ke lokasi,” katanya.

Imam mengatakan keberadaan tambang itu menguntungkan masyarakat.

“Saya mendukung keberadaan tambang itu sejauh itu dapat mendukung dan menumbuhkan ekonomi masyarakat,” katanya.

Namun, lanjutnya, bila keberadaan tambang ini membuat masyarakat tidak berdampak positif, maka pihaknya akan menyuarakan keadilan dan sarankan untuk menghentikan aktifitas tambang.

Pemilik lahan lainnya mengakui keberadaan perusahaan tambang ini membantu dirinya dan masyarakat setempat secara ekonomi.

BERITA MINGGUAN

TERBARU

BERITA TERHANGAT

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT