Pemkab Nagan Raya Rapat Awal Persiapan Pameran TTG se-Aceh

Suka Makmue, JBA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya melaksanakan Rapat Awal Persiapan Pelaksanaan Pameran Teknologi Tepat Guna (TTG) se-Aceh yang akan dilaksanakan di Kabupaten Nagan Raya tahun 2024.

Dalam rapat yang berlangsung di ruang kerja Sekretaris Daerah (Sekda) Kompleks Perkantoran Suka Makmue pada Selasa (14/11/2023) tersebut, membahas tentang berbagai persiapan yang akan dilaksanakan, baik itu lokasi TTG, anggaran, tugas SKPK dalam pameran TTG ini serta sejumlah persiapan lainnya.

Untuk diketahui, TTG adalah teknologi yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan cara yang sederhana, terjangkau, mudah diakses dan dapat diimplementasikan secara mandiri oleh masyarakat.

Pada kesempatan itu, Sekda Ir. H. Ardimartha mengatakan event teknologi tepat guna yang dilaksanakan di Kabupaten Nagan Raya merupakan event provinsi yang dalam hal itu, Nagan Raya menjadi tuan rumah pada tahun 2024.

“Saya instruksikan kepada SKPK yang hadir untuk dapat selalu berkolaborasi dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Gampong, Pengendalian Penduduk dan Pemberdayaan Perempuan (DPMGP4) Kabupaten Nagan Raya dalam hal persiapan TTG ini,” ujar Sekda.

Menurutnya, hal tersebut merupakan agenda Pemkab Nagan Raya, walaupun leading sektornya DPMGP4, akan tetapi dinas-dinas lain yang tergabung dalam satuan kerja perangkat kabupaten (SKPK) harus saling membantu juga guna menyukseskan event ini.

Sekda berharap dengan adanya kolaborasi semua SKPK yang ada di Kabupaten Nagan Raya dan dibantu Pemerintah Provinsi dalam hal ini melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Aceh akan berjalan sukses dan lancar.

“Semoga dengan kolaborasi DPMG provinsi dan Pemkab Nagan Raya, mudah-mudahan event TTG yang dilaksanakan di Kabupaten Nagan Raya tahun depan berjalan dengan sukses seperti yang kita harapkan,” pungkas Sekda.

Sebelumnya, Kepala DPMGP4 Kabupaten Nagan Raya Damharius S.Pd., M.Si menyampaikan, tahun 2024 kabupaten Nagan Raya ditunjuk oleh Pemerintah Aceh untuk menjadi tuan rumah pameran TTG.

“Maka dari itu kami dari DPMGP4 akan terus melakukan persiapan baik itu terkait anggaran, tempat pelaksanaan pameran TTG serta persiapan-persiapan lainnya, guna menyukseskan event tersebut,” tutur Damharius.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengembangan Kawasan, Sumber Daya Alam, dan Teknologi Tepat Guna pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Aceh Drs. Wardana, M.Si menjelaskan bahwa event kegiatan TTG ini dilaksanakan setiap tahunnya, baik itu tingkat kabupaten, provinsi maupun nasional.

“Berdasarkan hasil seleksi beberapa waktu lalu, Kabupaten Nagan Raya menjadi tuan rumah pada event TTG tingkat provinsi tahun 2024, yang pada tahun 2023 kemarin Kabupaten Aceh besar yang menjadi tuan rumah,” katanya.

Wardana juga menyebutkan mengenai jadwal kegiatan pameran TTG tersebut yang direncanakan sebelum pelaksanaan Event pameran TTG Nasional.

“Kita rencanakan pameran TTG tingkat Provinsi di kabupaten Nagan Raya akan digelar awal bulan Mei 2024, karena bulan Juni sudah event TTG Nasional. Akan tetapi jadwal pameran TTG provinsi tersebut bisa saja berubah sesuai kesepakatan,” pungkas Wardana.

Usai rapat perdana, dilanjutkan pengecekan lokasi pameran TTG ini yang rencananya akan dilaksanakan di Alun-alun Suka Makmue.

Turut hadir Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Amran Yunus, SP., MT, sejumlah kepala SKPK, unsur DPMG Provinsi Aceh, unsur DPMGP4 Kabupaten Nagan Raya serta undangan lainnya.

spot_img
spot_img
spot_img

TERBARU

spot_img
spot_img

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT