BANDA ACEH, JBA – Mahasiswa dari sejumlah negara turut meramaikan Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-8 di taman Sulthanah Safiatuddin, Banda Aceh, Rabu 8 November 2023.

Mereka antusias datang ke sejumlah anjungan kabupaten/kota. Di dalam anjungan, para mahasiswa lintas negara yang terdiri dari laki-laki dan perempuan itu, terpukau melihat pameran seni, budaya dan kuliner yang disuguhkan.

Para mahasiswa tersebut juga tampak akrab dengan pengunjung lainnya dan ikut berswafoto. Saat memasuki anjungan Kabupaten Aceh Jaya, para mahasiswa asing ini memainkan sejumlah alat musik tradisional yang dipamerkan.

Azizi, dosen dari Universitas Syiah Kuala (USK) yang mendampingi para mahasiswa asing itu mengatakan, pihaknya sengaja membawa mahasiswa luar negeri tersebut ke arena utama PKA-8 untuk mengenalkan berbagai kesenian dan kebudayaan Aceh.

“Ini momen yang sangat bagus, berhubung lagi ada PKA kami mengajak para mahasiswa ini untuk mengunjungi sejumlah anjungan, tujuannya sebagai edukasi juga untuk mengenalkan adat dan budaya Aceh kepada mereka,” kata Azizi.

Azizi menyebut pada kegiatan kunjungan ke PKA-8 ini ada sembilan mahasiswa yang dibawa, mereka berasal dari beberapa negara di Eropa dan Asia.

“Ada yang dari Thailand, Malaysia, Amerika, Kyrgyztan, Jepang, dan sejumlah negara lainya,” sebutnya.

“Mereka semua adalah mahasiswa USK yang telah menempuh pendidikan di Aceh selama satu tahun terakhir ini,” tambah Azizi.