Kemenag Aceh Besar Apresiasi 477 Siswa MA Lulus Undangan PTN

Jantho, Jaringanberitaaceh.com – Jumlah siswa Madrasah Aliyah (MA) di Aceh Besar yang lulus undangan masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) bertambah menjadi 460 siswa. Sebelumnya, data sementara berjumlah 340 siswa.

Bertambahnya jumlah ini sesuai data terbaru yang masuk Jumat, 7 April 2023, dari beberapa Madrasah Aliyah Swasta (MAS) yang ada di Aceh Besar. Mencermati data yang ada, MA yang sistemnya boarding mendominasi kelulusan undangan masuk PTN.

Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Aceh Besar menyampaikan apresiasi dan puji syukur atas hasil seleksi terhadap siswa MA untuk melanjutkan studi ke berbagai perguruan tinggi negeri (PTN), yang ada di Indonesia. Mereka dinyatakan di terima di berbagai PTN dari jalur seleksi nasional berdasarkan prestasi (SNBP) dan jalur seleksi prestasi akademik nasional perguruan tinggi keagamaan Islam negeri (SPAN-PTKIN).

Menurut Kepala Kankemenag Aceh Besar, H Salman Arifin SPd MAg, tahun ini ada peningkatan kelulusan terhadap beberapa MA, bahkan siswa madrasah tidak hanya berorientasi memilih ke UIN, tetapi juga lulus di UGM, UI, USU, USK, UPI dan Unimal.

Pihaknya menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada pimpinan madrasah, guru, siswa dan wali murid atas capaian prestasi ini. Terhadap beberapa MA yang belum berhasil meluluskan undangan masuk PTN agar melakukan pembenahan dan perbaikan terhadap berbagai kekurangan yang ada.

“Bagi siswa yang belum berhasil, terus belajar mempersiapkan diri, termasuk mengikuti bimbingan belajar dan try out. Masih ada kesempatan untuk masuk perguruan tinggi favorit antara lain melalui jalur perguruan tinggi kedinasan, seleksi nasional berdasarkan tes (SNBT), ujian tulis berbasis komputer seleksi bersama masuk PTN dan seleksi mandiri oleh masing-masing PTN,” harap H Salman.

Sebagaimana diketahui, jalur SNBP merupakan seleksi nasional berdasarkan prestasi. Seorang siswa kelas 12 ditinjau prestasinya berdasarkan catatan pembelajaran atau nilai rapor, porto polio dan prestasi akademik lainnya. Sedangkan SPAN PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN, IAIN, STAIN dan PTN dengan prodi keagamaan dalam satu sistem terpadu, yang dilaksanakan secara serentak oleh Kemenag RI, dengan sistim penjaringan berdasarkan prestasi akademik, dengan menggunakan nilai hasil rapor dan porto polio lainnya tanpa ujian tertulis.

Menurut Kasubbag Tata Usaha Kemenag Aceh Besar, H Khalid Wardana SAg MSi, data yang masuk hingga hari ini ada 477 siswa Madrasah Aliyah yang lulus PTN yaitu:

MAN 1 (12 SNBP 37 PTKIN)
MAN 2 (3 SNBP 5 PTKIN)
MAN 3 (14 SNBP 21 PTKIN)
MAN 4 (25 SNBP 25 PTKIN)
MA Riab (29 SNBP 103 PTKIN)
MA Oemar Diyan (11 SNBP 37 PTKIN)
MA Al Manar (2 SNBP 4 PTKIN)
MA Darul Ihsan (9 SNBP 55 PTKIN)
MA Insan Qurani (7 SNBP 55 PTKIN
MA Daruzzahidin (3 SNBP)
MA Al Kamal (2 SNBP)
MA Lhoong (1 SNBP)
MA Darul Aman (1 PTKIN)
MA Mutaallimin (9 SNBP 8 PTKIN).

spot_img
spot_img
spot_img

TERBARU

spot_img
spot_img

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT