Kankemenag Aceh Besar Kunjungi Dayah Babul Maghfirah, Sampaikan Duka dan Donasi

Jantho, JBA – Setelah terjadi musibah kebakaran di Dayah Babul Maghfirah pada 25 Januari 2024, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kabupaten Aceh Besar, H. Saifuddin, SE bersama puluhan abdi sipil negara (ASN) berkunjung pihak yang berduka, sekaligus menyerahkan donasi, di Dayah Babul Maghfirah, Gampong Lam Alu Cut, Cot Keueung, Kecamatan Kuta Baro, Aceh Besar, Jumat, 26 Januari 2023.

H Saifuddin menyampaikan rasa duka mendalam atas musibah kebakaran yang dialami keluarga besar Dayah Babul Maghfirah. Apalagi musibah ini selain menghanguskan 11 ruangan, juga terdapat korban luka-luka dari pihak guru dan satu santri. Ia berharap kepada korban supaya bersabar menghadapi cobaan tersebut.

“Kita semua tentu sedih dengan musibah ini. Tapi kita harap semuanya sabar. Insyaallah pasti ada hikmah dari semua musibah,” ujar Kakankemenag yang didampingi Kasubbag Tata Usaha, H Khalid Wardana MSi, Kasi Pendidikan Madrasah (Penmad), Suryadi, Kasi PD Pontren, Nazaruddin, Kasi PAI, Jamaludin dan sejumlah ASN yang disambut oleh Pimpinan Dayah Babul Maghfirah, Tgk Masrul Aidi.

Kakanemenag Aceh Besar berharap lembaga pendidikan keagamaan ini bisa secepatnya beroperasi kembali, sehingga para santri bisa belajar seperti semula. Karenanya, tentu butuh uluran tangan dan perhatian semua pihak.

“Yang paling penting dilakukan sekarang adalah pemulihan trauma terhadap santri. Kita berharap agar ada pendampingan khusus bagi santri yang memang trauma dengan kejadian ini, supaya mereka tidak patah semangat,” lanjutnya lagi.

Sementara itu, Tgk Masrul Aidi menyampaikan bahwa kebakaran dayah yang didirikan pada 1994 itu terjadi pukul 09.30 WIB dan baru berhasil dipadamkan pada pukul 12.00 WIB oleh pihak Badan Penanggulanagn Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Besar, dengan mengerahkan 11 unit armada pemadam kebakaran (Damkar) dan 2 unit armada damkar dari BPBD Kota Banda Aceh, serta 1 unit Watercenon BRIMOB Polda Aceh.

Menurutnya, kebakaran menghanguskan 11 ruangan yang terdiri dari delapan ruangan asrama putri, musala, ruang makan santri, ruang koperasi serta rumah pimpinan Dayah Babul Maghfirah.

Bersamaan dengan kehadiran rombongan dari Kemenag Aceh Besar, di lokasi musibah telah lebih dahulu hadir Rektor UIN Ar Raniry, Prof Dr Mujiburrahman bersama Wakil Rektor I, Prof Dr M Yasir Yusuf bersama jajarannya, Dansat Brimob, Wadansat Brimob Polda Aceh dan tamu lainnya.

BERITA MINGGUAN

TERBARU

BERITA TERHANGAT

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT