DSI Aceh Perkuat Akidah Siswa, Bekal Terhindar Bullying dan Pelecehan Seksual

Banda Aceh, JBA – Dinas Syariat Islam menyelenggarakan kegiatan Seminar Pencegahan Pelecehan Seksual di Sekolah/Dayah bekerjasama dengan Pengurus Wilayah (PW) Ikatan Dai Indonesia (Ikadi) Aceh. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari dimulai Hari Sabtu hingga Ahad, 9-10 Des 2023 di Hotel Diana Kuta Alam Banda Aceh. Kata pj acara bu Dewi dari DSI mengatakan bahwa acara ini dibuka oleh Kepala Dinas Syariat Islam Aceh yang diwakili oleh Bpk Muhibuthibri,S.Ag selaku Sekretaris Dinas DSI Aceh, Acara ini dihadiri sekitar 60 orang yang berasal dari guru sekolah/boarding, guru dan tgk dayah/pesantren, wali murid dan santri di Banda Aceh dan Aceh Besar. Adapun yang menjadi narasumber kegiatan ini berasal dari Akademisi dari Fakultas Psikologi UIN Ar Raniry dan USK, Psikolog dan Unsur Dai dari PW Ikadi Aceh yakni Dr, Safrilysyah,M,Si, dr. Nucke Wulandari,M.Si Psikolog, dr, Karjuniwati, M.Si Psikolog, Dr, Israk Ahmadsyah dan Roly Triwahyudi,M.Ag

Dr. Safrilsyah, M,Si dalam salahsatu sesi materi terkait fenomena pelecehan seksual di dayah dan sekolah mengungkapkan bahwa fakta kejadian makin maraknya terjadi pelecehan seksual di dayah/pesantren dan sekolah di Aceh notebene telah melaksanakan syariat Islam seperti fenomena gunung es yang kelihatan kecil dipuncak, namun ternyata dibagian bawahnya membesar alias bnyk terjadi kasus yg tidak terungkap. Dan fenomena ini menjadi warning bagi seluruh pihak khususnya penyelenggaran pendidikan, sekolah, dayah, pemerintah dan juga khususnya orangtua utk ekstra keras dlm upaya mendidik dan membentengi anak2 kita utk terjauhi dari jerat2 peluang terjadinya pelecehan seksual baik sebagai pelaku ataupun korban.
Disesi materi terakhir Ust Roly Triwahyudi,M.Ag dari PW Ikadi Aceh menyampaikan bagaimana peran da’i/ust/guru dalam upaya mendidik Aqidah Umat utk pencegahan bullying,pelecehan seksual dan kemungkaran lainnya mnrt Islam menerangkan bhw setiap pendidik dimulai dari keluarga oleh orangtua juga guru atau ust didayah harus menguatkan basis aqidah kpd seluruh anak didiknya msg2. Kenalkan anak2 kita utk mencintai Allah, merasa selalu diawasi Allah, dicatat setiap amal apapun yg dikerjakan oleh malaikat2 Allah dan meneladani fakta2 sejarah para Nabi dan Rasul serta para ulama yg dengan modal Quwwatu shilah billah (kuat hubungan dgn Allah) dan Muraqabatullah (Merasa diawasi Allah) maka apappun kemungkaran akan terjauhi.,krn dihati mrk selalu ada Al Hubb(cinta), Al Khauf (takut) dan Al Raja'(Harap) hanya pada Allah.

spot_img
spot_img
spot_img

TERBARU

spot_img
spot_img

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT

1 KOMENTAR

Komentar ditutup.