Dosen USK, Azhari Akan Isi Kajian di Forum Internasional

Setelah sukses tampil sebagai invited speaker dalam forum internasional pada 7 April 2023, yang dimotori oleh Prof Dr Mohammed Saheb Hussain dari University of Tanzania, kini Dr Azhari Yahya SH MCL MA, dosen Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala yang juga sebagai Sekretaris Senat Akademik Universitas Syiah Kuala kembali mendapatkan kepercayaan kedua kalinya sebagai invited speaker dalam Forum International Conference, pada 26 April 2023.

Tema yang dibahas dalam pertemuan global kali ini adalah seputar “World Intellectual Property Rights”. Even internasional yang dipusatkan di India ini diikuti 15 negara.

Dalam forum ilmiah internasional ini diundang 24 orang pakar dari 15 negara, diantaranya Mohammed Saheb Hussain dari Tanzania, Dr Kaveti Srinivas Rao dari Amerika Serikat, Dr Dilshad Shaik dari India, Dr Azhari Yahya dari Indonesia, Prof Dr SB Sharma dari Malawi, Dr BM Magaji dari Nigeria, Prof Dr Bablu Kumar Dhar dari Thailand, Dr Abdulwahab Zubai dari Uganda, Prof Lee Stone dari South Africa, Prof Temitope Yerokun Oloko dari Negeria, Dr Meena Jha dari Malaysia, Dr Mahes Singh dari Ethiopia, Dr KS Arun Kumar dari Maldives, Dr Nzakomeza Samuel dari Rwanda dan Prof Pankaj Pathak dari Nepal.

Dr Azhari yang saat ini juga sebagai pengurus Dewan Sengketa Indonesia (DSI) Provinsi Aceh akan belajar pengalaman dari negara-negara lain bagaimana mereka memproteksi hak kekayaan intelektual (HKI) untuk diaplikasikan di Indonesia.

Menurut Dr Azhari yang juga sebagai Ketua Pusat Riset Hukum, Islam, dan Adat Universitas Syiah Kuala l, kegiatan ini sangat penting dilaksanakan karena mengingat hari ini masalah perlindungan HKI masih menjadi isu global yang patut mendapat perhatian dari berbagai negara. Bahkan organisasi dunia yang bergerak di bidang hak kekayaan intelektual yaitu World Intellectual Property Rights Organization (WIPO) masih menempatkan isu perlindungan terhadap HKI ini sebagai agenda utama yang patut menjadi perhatian dari negera-negara anggota WIPO termasuk Indonesia di dalamnya.

Dalam kesempatan ini, Dr Azhari yang merupakan lulusan dari S3 dalam Hukum Investasi dari Monash University Australia ini akan mengupas tuntas perlindungan HKI dari sisi hukum dan sekaligus akan mengaitkannya dengan dunia investasi.

Secara pribadi, Dr Azhari yang pernah menjabat sebagai Wakil Bidang Akademik Fakultas Hukum USK periode 2017-2021 ini menyampaikan banyak terima kasih kepada Rektor USK, Dekan Fakultas Hukum USK dan semua pihak yang selalu memberikan dukungan kepadanya untuk tampil sebagai pembicara di forum internasional seperti ini.

“Mudah-mudahan apa yang dilakukan oleh Dr Azhari ini dapat membawa manfaat bagi kemajuan USK dan Fakultas Hukum USK terutama dalam hal rekogini USK di level internasional,” ucapnya.

TERBARU

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT