Disdik Dayah Banda Aceh Verifikasi TPA dan Balai Pengajian

Banda Aceh, Jaringanberitaaceh.com – Dinas Pendidikan (Disdik) Dayah Kota Banda Aceh melakukan survei legalitas balai pengajian (BP) dan Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) di sejumlah gampong dalam wilayah Kecamatan Jaya Baru, Banda Aceh, Selasa, 30 Juni 2023.

Kepala Disdik Dayah Kota Banda Aceh, Muhammad SSos MM melalui Kabid SDM dan Manajemen Disdik Dayah, Muhammad Syarif SHI MH mengatakan tahun 2023 ada kecendrungan peningkatan usulan legalitas kelembagaan BP dan TPA di Banda Aceh. Kondisi ini ditandai dengan semakin meningkatnya permohonan legalitas BP dan TPA untuk mengurus izin operasional atau Surat Keterangan Terdaftar (SKT).

“Kami turun langsung kelokasi untuk melakukan verifikasi faktual,” Muhammad Syarif yang didampingi Kasi Manajemen Saiful Bahri SAg.

Lebih lanjut, Muhammad Syarif mengatakan dalam rangka penguatan kelembagaan dan tata kelola lembaga pendidikan agama Islam seperti dayah, BP, TPA dan majelis taklim, Disdik Dayah Banda Aceh memberikan kemudahan proses legalitas lembaga dan gratis.

Syaratnya harus ada rekomendasi Camat dan domisili dari keuchik serta terpenuhinya syarat administratif lainnya sebagaimana diatur dalam Perwal Nomor 9 Tahun 2019 tentang Standarisasi TPA dan Balai Pengajian.

Ia menyebutkan Disdik Dayah sehari bisa langsung mengeluarkan izin operasional BP dan TPA, jika hasil verifikasi faktual terpenuhi.

“Data BP dan TPA yang telah diverifikasi dapat diakses di portal Disdik Dayah Banda Aceh. Legalitas kelembagaan penting bagi sebuah institusi pendidikan agar terciptanya standarisasi lembaga pendidikan keagamaan Islam, sehingga bisa disinergikan dalam data base sistem informasi lembaga pendidikan agama Islam.

“Dengan memiliki legalitas dan standarisasi, maka akan mudah dilakukan pembinaan oleh Disdik Dayah dan salah satu syarat pemberian insentif bagi guru TPA dan BP yang bersumber dari dana zakat, yang tiap tahunnya dibantu Baitul Mal Kota Banda Aceh.

spot_img
spot_img
spot_img

TERBARU

spot_img
spot_img

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT