Cacar Monyet Menyebar ke 12 Negara

JENEWA – Lebih dari 80 kasus cacar monyet (monkeypox) telah dikonfirmasi di setidaknya 12 negara.

Sejauh ini, ke-12 negara yang mengumumkan infeksi cacar monyet adalah Inggris, Spanyol, Portugal, Jerman, Belgia, Perancis, Belanda, Italia, Swedia, AS, Kanada, dan Australia.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan, ada 50 kasus lain yang dicurigai sebagai kasus cacar monyet dan sedang diselidiki.

Namun, WHO tidak memerinci negara-negara yang dimaksud.

Dalam beberapa waktu ke depan, kemungkinan akan ada lebih banyak kasus cacar monyet yang dilaporkan.

Sebelum ini, cacar monyet paling sering terjadi di daerah terpencil di Afrika Tengah dan Afrika Barat sebagaimana dilansir BBC, Sabtu, 21 Mei 2022.

Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS) mengatakan, cacar monyet merupakan infeksi virus langka yang biasanya ringan dan kebanyakan orang sembuh dalam beberapa pekan.

20 Mei 2022, WHO mengatakan bahwa wabah cacar monyet baru-baru ini tidak biasa karena terjadi di negara-negara non-endemik.

“Kami bekerja dengan negara-negara yang terkena dampak dan lainnya untuk memperluas pengawasan penyakit untuk menemukan dan mendukung orang-orang yang mungkin terpengaruh,” kata WHO.

“Ini bisa menjadi penghalang untuk mengakhiri wabah karena dapat mencegah orang mencari perawatan, dan menyebabkan penyebaran yang tidak terdeteksi,” ujar lembaga tersebut.

Regional WHO Eropa, Hans Kluge, memperingatkan, saat memasuki musim panas dengan pertemuan massal, festival, dan pesta, dirinya khawatir penularan cacar monyet menjadi cepat.

Dia menambahkan bahwa semua kasus kecuali satu dari kasus terbaru tidak memiliki riwayat perjalanan ke daerah endemik cacar monyet.

Kasus pertama cacar monyet di Inggris tahun ini dilaporkan pada 7 Mei.

Pasien tersebut sebelumnya melakukan perjalanan ke Nigeria, di mana dia diyakini telah tertular virus sebelum menuju Inggris, kata NHS.

Menteri Kesehatan Inggris Sajid Javid mengatakan pada Jumat bahwa kini ada 20 kasus cacar monyet yang dikonfirmasi di negaranya.

Pihak berwenang di Inggris mengatakan, mereka telah membeli stok vaksin cacar (smallpox) dan mulai menawarkannya kepada mereka yang berkontak erat.

Otoritas kesehatan Spanyol juga dilaporkan telah membeli ribuan vaksin cacar untuk mengatasi wabah cacar momyet, menurut surat kabar Spanyol El Pais.

Kasus cacar monyet pertama Australia terdeteksi dari seorang pria yang jatuh sakit setelah bepergian ke Inggris, kata Departemen Kesehatan Victoria.

spot_img
spot_img
spot_img

TERBARU

spot_img
spot_img

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT