Air Terjun Pria Laot Sabang Juara I API Award 2023, Kategori Surga Tersembunyi

Sabang, JBA – Kota Sabang kembali torehkan prestasi pada ajang bergengsi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2023. Kali ini, Air Terjun Pria Laot Kota Sabang meraih penghargaan sebagai peringkat pertama untuk Kategori Surga Tersembunyi.

Penetapan pemenang itu diumumkan pada malam puncak penganugerahan API Award 2023 di Kota Ambon, Maluku, Rabu, 1 November 2023.

Tropy juara I yang diraih Kota Sabang pada ajang bergengsi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2023 untuk destinasi wisata Air Terjun Pria Laot Kategori Surga Tersembunyi. (Dok Pemko Sabang)
Pj Wali Kota Sabang, Reza Fahlevi mengatakan, penghargaan ini menjadi motivasi pemerintah dan masyarakat Kota Sabang untuk terus merawat, menjaga, dan melestarikan, serta mengembangkan juga memperbaiki seluruh potensi wisata Pulau Weh.

“Alhamdulillah, penghargaan ini menjadi pemicu bagi kita semua pelaku pariwisata di Sabang, untuk lebih semangat dalam meningkatkan kualitas daya tarik dan memberikan pelayanan terbaik bagi wisatawan,” kata Reza.

Ia menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat dan sahabat pariwisata yang telah mendukung Kota Sabang dalam ajang apresiasi wisata nasional ini.

Air terjun Pria Laot Kota Sabang meraih juara I Kategori Surga Tersembunyi dengan jumlah voting 29,97 persen. Untuk kategori Surga Tersembunyi peringkat II diraih Pulau Meatimlarang, Kabupaten Maluku Barat Daya (23,62 persen) dan peringkat III Air Terjun Talisewu, Kabupaten Kolaka Timur (23,36 persen).

“Selama ini mungkin hanya segelintir wisatawan yang tahu dan telah berkunjung ke destinasi wisata Air Terjun Pria Laot. Dengan keluarnya sebagai juara I dalam ajang bergengsi ini, semoga akan menjadi magnet untuk menarik wisatawan berkunjung ke objek wisata air terjun itu maupun ke destinasi wisata lainnya,” kata Pj Wali Kota Sabang.

Reza menambahkan, pihaknya terus meningkatkan sarana dan prasarana pada destinasi wisata Air Terjun Pria Laot agar mudah diakses oleh pengunjung, juga destinasi wisata Sabang lainnya.

Selain Kota Sabang, Aceh juga meraih beberapa nominasi penghargaan lainnya yaitu Meseum Kota Langsa Juara I Situs Sejarah dan merupakan juara favorit dalam API Awards 2023 dengan voting 92,78 %.

Diikuti Kabupaten Aceh Selatan, Jus Nipah meraih juara I kategori Minuman Tradisonal, Kabupaten Nagan Raya, Batu Giok juara III kotegori Cinderamata.

Tahun ini parade juara didominasi oleh nominator dari Provinsi Jawa Tengah, Provinsi Aceh, Provinsi Sumatera Selatan, dan Provinsi Maluku sebagai tuan rumah.

BERITA MINGGUAN

TERBARU

BERITA TERHANGAT

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT