8 Gampong di Aceh Jaya Cairkan Dana Desa Tahap Satu

Calang, Jaringanberitaaceh.com – Delapan gampong di Kabupaten Aceh Jaya telah melakukan pencairan dana desa tahap I, sebesar 40 persen untuk tahun anggaran 2022, di Calang, Aceh Jaya, Senin (31/1/2022).

Delapan dari 172 gampong tersebut berada di Kecamatan Teunom, antara lain Gampong Seumira, Gampong Batee Roo, Gampong Alue Meuraksa, Gampong Pasi Timon, Gampong Blang Baro. Selanjutnya Gampong Padang Datar Kecamatan Krueng Sabee, Gampong Paya Laot Kecamatan Setia Bakti dan Gampong Keude Unga Kecamatan Indra Jaya.

Kepala Dinas PMPKB Aceh Jaya, Salbiah mengatakan pihaknya mengapresiasi delapan gampong yang telah melakukan pencairan dana desa tahap satu.

“Harapannya menjadi motivasi bagi gampong lain agar segera mengajukan pencairan dana desa tahap satu,” jelasnya.

Ada beberapa gampong lainnya, kata Salbiah, telah mengajukan pencairan yang saat ini dalam proses penyiapan rekomendasi di DPMPKB. Ditargetkan seluruh gampong akan menyelesaikan pencairan tahap I dalam dua minggu ke depan.

Salbiah berharap pada pihak gampong-gampong di Aceh Jaya yang sudah memenuhi persyaratan pencairan dana desa tahap I, agar segara menyampaikan usulan pencairannya.

Untuk diketahui, Penyaluran Dana Desa dilakukan dalam tiga tahap. Tahap pertama 40 persen, tahap kedua 40 persen dan tahap ketiga 20 persen sebagaimana tertuang di dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 190/PMK.07/2021.

Selain itu, setiap gampong diharuskan mengalokasikan dana desa tahun anggran 2022 untuk kegiatan penyaluran program BLT dana desa. Paling sedikit sebesar 40 persen selama 12 bulan dari pagu total dana desanya, dengan besaran nilai BLT dana desa yang diberikan kepada penerima Rp30.000/KK/bulan, dan dilakukan setiap bulannya.

Selain itu, dana desa juga diperuntukan bagi program ketahan pangan dan hewani, minimal 20 persen. Serta untuk program penanganan pencegahan Covid-19 sebesar 8 persen.

Kemudian sisanya sebesar 32 persen lagi akan digunakan untuk usulan prioritas reguler masing-masing gampong. (Red)

spot_img
spot_img
spot_img

TERBARU

spot_img
spot_img

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT