60 Peserta Ikut Pendidikan Kader Ulama Bersama MPU Aceh Utara

Lhoksukon, Jaringanberitaaceh.com – Hari ketiga pelaksanaan Pendidikan Kader Ulama (PKU) Khusus Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kabupaten Aceh Utara tahun 2023 masih tetap berlanjut, para peserta masih antusias mengikuti tiap tahapan kegiatan tersebut, Minggu malam, 4 Juni 2023.

Pantauan media ini, terlihat peserta PKU angkatan lima sangat antusias mengikuti materi yang disampaikan anggota MPU Aceh Utara, Drs H Hamdani A Jalil MA.

Sedangkan angkatan enam diisi Pimpinan Dayah Madinatud Diniyyah Nafisatul Huda (Madinah) Lhoksukon, Waled Muniruddin AR.

Kegiatan yang dipusatkan di Aula Hotel Lido Graha Lhokseumawe ini mengusung tema “Kaderisasi Ulama Ikhtiar Nyata, Mempersiapkan Generasi Penerus Risalah Nabi”, berlangsung sejak 1 Juni 2023, yang dibuka Kepala BPKD Nazar Hidayat.

H Hamdani menyampaikan tentang kunci keberhasilan dakwah Rasulullah. Menurutnya, Rasulullah tidak pernah memaksakan Islam dalam dakwahnya. Ia menghadirkan kebenaran Islam dalam akhlaknya sehingga Islam diterima siapa pun.

“Akhlakul karimah yang dianugerahkan Allah kepada Rasulullah sekaligus menjadi komitmen dakwahnya. Bahkan akhlak mulia Rasulullah sudah tertanam sejak kecil sehingga ia digelar dengan al-amin,” ucapnya.

Hamdani yang juga Kasi PD Pontren Kankemenag Aceh Utara itu menjelaskan, ada lima kunci keberhasilan dakwah Rasulullah SAW, di antaranya berdakwah dengan akhlak, mempunyai kesiapan mental, memiliki sandaran vertikal yang kuat, satu kata dalam keteladanan dan memiliki sahabat yang setia.

Dengan metode penyampaian santai, berisi, disertai bermain peran, membentuk kelompok dan diskusi atau role playing yang digunakan Hamdani membuat para peserta banyak beraktivitas dalam mengikuti pembelajaran.

Selain itu, terciptanya suasana yang menyenangkan dan menjadikan suatu bentuk motivasi, sehingga terlihat antusias peserta sangat tinggi dalam mengikuti PKU ini.

Sementara, Kepala Sekretariat MPU Aceh Utara, Muzakkir Fuad SE MSM mengatakan, bahwa PKU ini diikuti oleh 60 peserta terpilih dari utusan 27 kecamatan yang ada di Aceh Utara.

“Mereka sudah ikut seleksi serta telah dinyatakan lulus. Saat ini sedang mengikuti pendidikan yang terbagi menjadi dua angkatan, yaitu angkatan V dan VI yang sudah dilaksanakan sejak dari tanggal 1 Juni dan akan berakhir sampai tanggal 10 Juni 2023,” terang Muzakkir Fuad.

PKU 2023 ini, nantinya para peserta juga melaksanakan Field Study atau Observasi Lapangan ke Banda Aceh. Adapun rencana yang akan dikunjungi di antaranya Masjid Raya Baiturrahman, Masjid Baiturrahim Ulee Lheu, Masjid Keuchik Leumiek, makam Syiah Kuala dan makam Sultan Iskandar Muda dan sebagainya.

TERBARU

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT