400 Pemuda Aceh Ikrar Kebangsaan di Hadapan Pangdam IM




Banda Aceh, Jaringanberitaaceh.com – Sebanyak 400 opemuda dan pemudi Aceh peserta Silaturahmi Kebangsaan yang diselenggarakan oleh Kodam IM mengucapkan Ikrar Kebangsaan pada acara api unggun yang juga disaksikan oleh Pangdam IM Mayjen TNI Mohamad Hasan, beserta para pejabat utama Kodam IM, bertempat di lapangan tembak Rindam IM, Japakeh, Minggu dini hari (22/05/22).

Pengucapan Ikrar Kebangsaan menjadi acara puncak kegiatan Silaturahmi Kebangsaan yang dibuka pada hari Jumat 20 Mei 2022, dimana para peserta yang terdiri dari berbagai organisasi, lintas agama dan lintas profesi telah melaksanakan berbagai kegiatan bersama baik pembekalan dalam bentuk ceramah dari para tokoh maupun kegiatan praktek berupa ice breaking, kegiatan out bond dengan melewati berbagai tantangan dan kegiatan lain yang mengedepankan persatuan dan kerja sama di antara para peserta.

Kegiatan ini dilaksanakan setelah acara pentas seni dan budaya dimana para peserta Silaturahmi Kebangsaan diberikan kesempatan untuk menampilkan penampilan terbaiknya. Beberapa pertunjukan seni dan budaya yang mencerminkan keberagaman nusantara ditampilkan peserta antara lain gerakan isyarat tangan, atraksi barongsai, penampilan Tari Yospam dari Papua, Tari Rateb Meuseukat dari Aceh, pembacaan puisi, standup comedy, serta pertunjukan musik dan lagu. Pangdam IM beserta pejabat utama Kodam IM pun ikut berbaur dengan peserta dalam semaraknya acara.

Setelah pentas seni dan budaya para peserta lanjut bergerak menuju lapangan tembak Rindam IM. Tiba di lokasi, para peserta berbaris dengan rapi mengelilingi api unggun dan mengawali acara dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya lalu dilanjutkan dengan kegiatan renungan melalui pembacaan puisi maupun lagu-lagu. Selanjutnya para peserta dengan penuh khidmat mengucapkan Ikrar Kebangsaan untuk selalu menjunjung tinggi Pancasila dan UUD 45, menjaga persatuan dan kesatuan NKRI serta akan selalu menjunjung tinggi kepentingan bangsa diatas kepentingan pribadi dan golongan.

Pada acara api unggun tersebut, Pangdam IM menyampaikan ucapan selamat, rasa bangga dan rasa hormat kepada seluruh peserta yang telah mengikuti seluruh rangkaian kegiatan Silaturahmi Kebangsaan, diiringi harapan bahwa apa yang telah dilakukan selama beberapa hari ini akan menjadi sebuah bekal dan pengalaman untuk menambah wawasan, kecintaan kepada tanah air serta rasa persatuan dan kesatuan untuk membulatkan tekad bersama menuju Aceh yang damai dan sejahtera.

“Perbedaan dan keberagaman sudah menjadi hal yang tidak perlu dipersoalkan lagi di tanah air kita. Para peserta yang mengikuti Silaturahmi Kebangsaan diharapkan dapat menjadi agen perubahan dalam menyebarkan semangat bersama untuk Aceh yang lebih baik ke depan, yaitu terciptanya kondisi kedamaian dan kesejahteraan yang lebih tinggi,” tutup Pangdam IM.

Turut hadir dalam acara puncak Silaturahmi Kebangsaan ini antara lain Irdam IM, Danrindam IM, para Asisten Kasdam IM dan para Kabalakdam IM beserta para Pelatih dari Rindam IM yang telah membina dan melatih para peserta selama kegiatan Silaturahmi Kebangsaan yang rencana akan ditutup pada hari Minggu pagi tanggal 22 Mei 2022.

spot_img
spot_img
spot_img

TERBARU

spot_img

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT