Penyuluh Agama Kuta Alam jadi Pengerak TPQ Hidayatul Ulum dan Maulid

Banda Aceh, Jaringanberitaaceh.com – Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Hidayatul Ulum, Gampong Lambaro Skep, Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh dalam rangka menyemarakkan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H/2021 M melaksanakan berbagai kegiatan, di antaranya lomba MTQ tilawah, tahfiz, tartil, azan, cerdas cermat, mewarnai dan rangking 1, berlangsung 29 November sampai dengan 3 Desember 2021, di Masjid Darul Makmur Lambaro Skep.

Direktur TPQ Hidayatul Ulum, Ustaz Edy Iswandy ZA SsosI mengatakan kegiatan ini untuk mencari bibit unggul, supaya mampu bersaing di tingkat kecamatan maupun kabuapten/kota seperti perlombaan MTQ dan Festival Anak Shaleh Indonesia (FASI).

“Sebelumnya telah selesai ujian semester bagi santri,” tegas Ustaz Edy, yang juga Penyuluh Agama Islam KUA Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh.

Acara ini merupakan kontribusi wali santri, Wakil Ketua DPRK Banda Aceh merangkap Pembina TPQ Usman SE, Kapolsek Baiturrahman Iptu Ferianto, Ir H Mukhlis Jakfar, Abi Geumuloh, Junaidi dan tokoh lainnya.

Puncak kegiatan ini ditutup dengan ceramah maulid nabi oleh Sekretaris Dinas Syariat Islam Kota Banda Aceh Ustaz Ridwan Ibrahim SAg MPd. Dengan gaya kocaknya, Ustaz Ridwan membuat santri, wali santri, dan jamaah terpukau dan senyum sumringah.

Sementara Kepala Bidang SDM dan Manajemen Dinas Pendidikan Dayah Kota Banda Aceh, Muhammad Syarif SHI MH mengapresiasi seluruh ustaz dan ustazah TPQ Hidayatul Ulum, atas pelaksanaan berbagai kegiatan keagamaan.

“Ini ikthtiar bersama demi mewujudkan Banda Aceh Gemilang dalam bingkai syariah,” ucap Muhammad Syarif.

TPQ Hidayatul Ulum, kata Syarif, pada masa pandemi tetap melaksanakan berbagai kegiatan produktif, termasuk pembinaan guru, guna penguatan kompetensi. Setidaknya, TPQ ini telah melakukan tiga pembinaan secara inheren, yaitu pembinaan karakter santri, kompetensi, dan literasi.

Apa yang dilakukan lembaga ini layak dijadikan role model bagi TPQ se-Kota Banda Aceh. Terkait tata kelola administratif, TPQ ini luar biasa, memadukan tiga institusi yaitu Disdik Dayah Banda Aceh, Kakanmenang Kota Banda Aceh dan LPPTKA-BKPRMI Banda Aceh.

“Kami yakin di bawah kepemimpinan Ustaz Edy Iswandy ZA santri TPQ Hidayatul Ulum mengharumkan nama Kota Banda Aceh di berbagai ajang lomba antar santri TPA/TPQ,” tegasnya.

Untuk diketahui, di TPQ ini juga dilaksanakan program khusus Tafiz Al-Quran dan Tilawatil Quran, terlaksana atas dukungan aparatur gampong dan wali santri serta donatur. (Edy)

spot_img
spot_img
spot_img

TERBARU

spot_img
spot_img

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT