Ketua FKPAI Banten: Imam yang Dicintai Jamaah Harus Ulama Plus

Jakarta, Jaringanberitaaceh.com – Ketua Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam (FKPAI) Provinsi Banten, Ustazah Ida Farida SAg MH menegaskan sosok imam, baik yang memimpin salat di masjid atau surau harus memiliki kriteria sebagaimana dalam literatur fikih.

“Kalau dalam bahasa kiai, ya ulama plus,” sebut Ustazah Ida Farida saat diwawancarai media ini setelah memandu acara Ngobrol Sejam Soal Islam (OBSESI), dengan tema Menjadi Imam yang Dicintai Jamaah, via virtual, di Jakarta, 15 Februari 2023.

Menurutnya, imam yang dicintai jamaah menjadi suatu keharusan, sebab pada sosok imam itu memiliki daya tarik tersendiri, sehingga jamaah tetap setia ke masjid walaupun  jauh dari kediamannya.

“Sepatutnya, semua imam dicintai jamaah. Kalau belum dicintai, upayakan agar layak dan terus dicintai. Jika sudah cinta, kan mudah mengajak mereka memakmurkan masjid,” tegas penyuluh agama yang juga aktifis Banten ini.

Sementara Kiai TG H Husni Ismail MA saat mengisi materi OBSESI menyebutkan menjadi seorang imam yang dicintai jamaah pastinya harus menjadi ulama plus. Seorang imam bisa ulama, tetapi seorang ulama belum tentu bisa menjadi imam.

“Karena seorang imam harus memiliki kriteria khusus untuk layak menjadi imam,” jelasnya.

Selain itu, tegas Kiai TG H Husni Ismail, imam juga harus mampu merangkul dan bisa dirangkul oleh jamaah, sehingga seorang imam menjadi panutan di masyarakat. Imam harus terus meningkatkan kemampuan dan memperluas wawasan keislamannya, bukan saja imam salat namun sekaligus memberi kesejukan serta solusi bagi persoalan keumatan.

“Literasi keagamaan menjadikan imam memahami dan menyadari perbedaan pemahaman keagamaan di kalangan jamaah, sehingga imam bisa memayungi semua realitas perbedaan. Ini penting, agar imam mampu memimpin masyarakat dan menarik minat umat Islam supaya nyaman beribadah di masjid,” ungkap Kiai Husni Ismail.

Kegiatan dalam jaringan (Daring) ini disiarkan via kanal Bimas Islam TV dan Facebook Ditjen Bimbingan Masyarakat Islam, yang diikuti ratusan penyuluh agama, penghulu, dan warga net se-Indonesia.

TERBARU

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT