Keren! Kaligrafi Gadis Aceh yang Juara 1 MTQN 2022




Banda Aceh, Jaringanberitaaceh.com – Peserta MTQ asal Aceh, Ahsanu Amala berhasil meraih juara 1 Cabang Khattil Quran (kaligrafi) pada MTQ Nasional 2022, usai diumumkan pada Selasa, 18 Oktober 2022, di Kalimantan Selatan (Kalsel).

Dilansir dari berbagai sumber, Rabu, 19 Oktober 2022, di Banda Aceh, gadis yang lahir di Banda Aceh, 3 September 2000 silam ini mampu menyisihkan peserta lain setelah dewan hakim optimis atas keunggulan maha karyanya. Pemilik nama panggilan Ahsanu ini tercatat sebagai warga Kampong Reuloh, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar.

Ia memang layak maju ke panggung juara satu, dengan karya monumental yang membuat takjub para penilai dan pemberi keadilan (juri).

Perempuan yang hobi membaca dan melukis ini kerap mendapatkan pencerahan dan dibimbingan dari Doni Gunawan SKom MT, yang tercatat sebagai guru khat dan pembimbing di Dayah Darul Ihsan Abu Krueng Kalee, Aceh Besar.

Berbekal kreatiftas dan keterampilan dari gurunya, Ahsanu optimis mampu memberikan karya terbaik untuk masyarakat Aceh, umumnya warga Indonesia.

Gadis yang konsisten bercadar ini pernah mengenyam pendidikan formal dan non formal di Dayah Darul Ihsan, selanjutnya, menempuh pendidikan Ilmu Al-Quran dan Tafsir pada Fakultas Ushuluddin UIN Ar-Raniry Banda Aceh hingga kini.

Putri ke-2 pasangan Rahadi dan Iin Maisarah memang punya segudang prestasi keagamaan yang tampil di level lokal dan nasional.

Sementara Ketua Kafilah Aceh, Dr EMK Alidar menyebutkan Aceh berhasil mencatat sejarah baru atas prestasi Ahsanu, yang meraih juara satu Cabang Khattil Quran untuk pertama kalinya.

“Pada cabang Khattil Qur’an MTQ Nasional, Kafilah Aceh belum pernah meraih juara satu,” jelasnya, di Kalsel, 18 Oktober 2022.

Berikut prestasi perempuan muslimah asal serambi mekah ini:

1. Juara 1 Kaligrafi Kontemporer tingkat Kabupaten;
2. Juara harapan 2 Provinsi Aceh tahun 2019;
3. Juara 1 MTQ Provinsi Aceh tahun 2022;
4. Juara 1 Tunas Ramadhan Cabang Kaligrafi Mushaf;
5. Juara 1 Kaligrafi MTQN 2022;
6. Juara Harapan 2 PESONA PTKIN tingkat nasional.

spot_img
spot_img
spot_img

TERBARU

spot_img
spot_img

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT