Kemenag Aceh Besar Gelar Bimbingan Pranikah Remaja Usia Sekolah

Selasa, Jaringanberitaaceh.com – Sebanyak 35 siswa dan siswi SMA Abu Lam U mengikuti Bimbingan Pra Nikah Usia Sekolah Angkatan I yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Kabupaten Aceh besar melalui Seksi Bimbingan Masyarakat Islam (Bimas), di Mushalla Ponpes Alfalah Abu Lam U, Ingin Jaya, Aceh Besar.

Kegiatan bimbingan pra nikah bagi anak usia sekolah bertujuan membuka wawasan para pelajar agar tidak terburu-buru menikah pada usia yang belum cukup. Penikahan dini biasanya berawal dari pergaulan bebas dan lemahnya fungsi kontrol orang tua. Bimbingan ini dapat membuka cara pandang para pelajar untuk memahami dampak dan resiko dari pernikahan dini. Intinya kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan, pemahaman kepada para siswa yang nantinya melangsungkan pernikahan, sehingga terwujudnya keluarga samawa.

Kepala Kantor Kementerian Agama Aceh besar yang diwakili Azhari SSos mengatakan untuk mencegah terjadinya pernikahan dini pada kalangan pelajar, perlu dilakukan bimbingan pra nikah seperti ini. Pergaulan anak-anak remaja saat ini sudah tidak ada batas lagi. Maka pengawasan dan bimbingan menjadi kunci menyelamatkan remaja. Terlebih menghindarkan para remaja dari pernikahan dini, karena kondisi yang tidak mereka inginkan.

“Saat ini yang paling penting bagi remaja adalah rajin belajar dan menuntut ilmu, mengikuti apa yang dianjurkan oleh pemerintah lewat guru dan lewat ketua Yayasan Abu Lam U ikuti dan taati serta dengarkan,” ujarnya.

Remaja saat ini membangun diri, mempersiapkan diri untuk kemudian menjadi orang yang berguna, bermanfaat, berpengetahuan dan siap untuk membangun keluarga.

Pihak Kankemenag Aceh Besar dan kepala KUA dalam wilayah Rayon II berterima kasih pada pimpinan pesantren, kepala SMA, dan guru atas izin penggunaan tempat.

“Kami minta maaf atas segala kesilapan dan kekurangan selaku penanggungjawab,” ujarnya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut seluruh kepal KUA Sukamakmur, KUA Montasik, KUA Simpang Tiga, KUA Darul Kamal, KUA Ingin Jaya, KUA Krueng Barona Jaya selaku panitia penyelenggara bimbingan pra nikah usia sekolah di lingkungan Kantor Kemenag Kabupaten Aceh Besar Tahun Anggaran 2023.

TERBARU

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT