Dr Iqbal Resmikan PLHUT Pidie dan Ge-MANSA

Sigli, Jaringanberitaaceh.com – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakankemenag) Provinsi Aceh, Dr H Iqbal SAg MAg meresmikan gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu ( PLHUT) Kabupaten Pidie, di komplek kantor Kemenag setempat, Selasa, 24 Januari 2023.

Kegiatan ini dilakukan Kakanwil dalam kunjungan kerjanya di Pidie, dan membuka Gebyar Aneuk MAN I Pidie (Ge-MANSA) ke-II, bertema ‘Meningkatkan Kompetensi, Mandiri Berprestasi dalam Mewujudkan Madrasah Hebat.’

“Hadirnya gedung PLHUT agar melayani masyarakat yang menunaikan ibadah rukun kelima, baik haji maupun umrah secara maksimal,” kata Iqbal.

Menurutnya, selain fasilitas pendukung gedung hadir secara mewah dan megah maka pelayanannyapun juga musti seimbang juga.

Selain itu juga fasilitas gedung umat ini dapat dilayani berbagai aktivitas keagamaan kemasyarakatan.

“Sebab yang paling diharapkan gedung megah ini dapat melahirkan manfaat yang sangat besar dalam memberikan kontribusi kepada masyarakat di Kabupaten Pidie,” ujarnya.

Ia menjelaskan prioritas jemaah yang berangkat tahun 2023 mengacu kepada calon jemaah haji yang tertunda sebelumnya, ditambah dengan jemaah regular sesuai urutan antrean keberangkatan.

“Jamaah usia 65 tahun ke atas yang belum berangkat pada tahun 2022 akan menjadi prioritas pada pemberangkatan musim haji tahun 1444 H/2023 M. Insyaallah, tahun ini jamaah usia di atas 65 tahun menjadi prioritas,” katanya.

Persiapan perlu dilakukan sematang mungkin, melalui koordinasi dengan seluruh Kemenag kab/kota untuk sinkronisasi dan persamaan persepsi dalam pelayanan terbaik.

Kepala Kemenag Pidie, Drs Abdullah AR MAg mengatakan pembangunan gedung PLHUT ini telah dinantikan oleh masyarakat Pidie dalam menyahuti pelayanan maksimal haji dan umrah.

“Fasilitas gedung ini menjadi semangat baru dalam layanan haji dan umrah mulai dari bimbingan hingga pemberangkatan nantinya,” jelasnya.

Hadirnya gedung PLHUT ini atas dasar prioritas dari Kakanwil Kemenag Aceh tersebut pada hakikatnya telah memberikan kontribusi paling besar dalam memaksimalkan pelayanan haji dan umrah.

Prosesi tepung tawar atau peusijuk PLHUT dilakukan oleh Tgk Hanifuddin.

Turut hadir pada kegiatan ini, Kepala Kemenag Pidie, Drs H Abdullah Ar MAg dan jajarannya, Kepala Kemenag Bireuen, Dr H Muhammad Amin MAg, Kabid PHU, Drs H Arijal MSi, Kabid Penmad Drs H Zulkifli MPd, dan Kabid Penaiszawa H Yasih SAg MA serta tamu lainnya.

spot_img
spot_img
spot_img

TERBARU

spot_img
spot_img

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT