Buka Pelatihan Fardhu Kifayah, Ini Pesan Sekda

Kuala Simpang, jaringanberitaaceh.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Aceh Tamiang Drs. Asra, membuka Pelatihan Penyelenggaraan Fardhu Kifayah tingkat Kabupaten Tahun Anggaran 2022 di Aula SMP Islam Kualasimpang, Senin, 21 Maret 2022.

Asra mengatakan, kegiatan ini penting, karena menyangkut tata cara penyelenggaraan jenazah sesuai tuntunan syariat.

“Fardhu Kifayah ini adalah sesuatu yang harus dibarengi dengan ilmu pengetahuan. Ada syariat dan hukum yang dilaksanakan, maka dari itu harus ada ilmu,” ungkapnya.

Karena begitu pentingnya pelatihan ini bagi bilal mayat, dirinya meminta agar yang belum mengikuti pelatihan ini dapat diprogramkan lagi di tahun depan.

“Kepada para peserta saya harapkan tidak hanya ikut pelatihan dan dapat sertifikat saja, tetapi benar-benar bisa memahami ilmu yang disampaikan sehingga dapat menjadi Bilal Mayit yang sesuai syariat dan mengetahui hukumnya,” tambahnya.

Kepada tutor pelatihan, Sekda mengarahkan agar dapat memberikan penjelasan yang mudah dipahami oleh peserta, sehingga apa yang disampaikan dapat terserap dengan baik oleh peserta.

“Saya juga sangat mengharapkan agar seluruh peserta bisa menguasai dan nantinya bisa memandikan mayit. Satu lagi pesan saya, jaga rahasia mayit ketika kita memandikannya. Apa pun yang terjadi dengan si mayat jangan katakan sama siapapun. Ini sangat penting,” tegas Sekda mengakhiri.

Kepala Dinas Syari’at Islam Samsul Rizal juga menjelaskan, Kegiatan ini diikuti sebanyak 106 orang peserta dan dilaksanakan selama dua hari, hari pertama diikuti oleh peserta wanita, dan hari kedua diikuti laki-laki.

“Peserta yang mengikuti pelatihan ini adalah petugas dan kader bilal mayat di kampung masing-masing, ini bertujuan untuk melatih petugas bilal mayat dalam fardhu kifayah di dalam masyarakat,” ujarnya. (SM).

spot_img
spot_img
spot_img

TERBARU

spot_img
spot_img

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT