Isu Lockdown, Fakhrurrazi H. Cut: Sebaiknya Pemerintah Aceh Antisipasi Panic Buying




BANDA ACEH – Penyebaran Virus Corona (Covid-19) di beberapa Daerah di Indonesia semakin bertambah. Tidak menutup kemungkinan Aceh juga akan berpotensi terpapar virus berhaya tersebut.

Langkah pemerintah Aceh untuk menghimbau dan memerintahkan seluruh masyarakatnya untuk Social Distancing dan Work From Home sudah tepat untuk memutuskan rantai penyebaran Covid-19.

Namun, beberapa hari ini tersebar isu akan adanya Lockdown. Lockdown artinya mengunci akses masuk maupun keluar dari dan ke suatu wilayah/daerah/negara. Adapun tujuannya supaya Virus berbahaya ini tidak menyebar lebih luas.




Anggota DPR Aceh dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan, Fakhrurrazi H. Cut, Kamis (26/03/2020) kepada jaringanberitaaceh.com mengatakan, kemungkinan isu ini sengaja dikembangkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab dengan tujuan menciptakan Panic Buying untuk memperoleh keuntungan pribadi di tengah Wabah Virus yang sedang melanda negeri ini.

Panic Buying adalah sebuah situasi dimana orang-orang membeli sejumlah komoditas atau produk tertentu dalam jumlah besar yang diakibatkan oleh rasa takut akan kenaikan harga atau kekurangan stok dalam waktu dekat.

Perilaku ini kerap muncul sebagai bentuk persiapan menghadapi bencana atau wabah, sehingga orang-orang berasumsi bahwa akan sulit bagi mereka untuk membeli dan mendapatkan kebutuhan mereka.

“Pelaku memanfaatkan situasi ini dengan melakukan penimbunan barang setelah membeli produk dalam jumlah banyak dan menjualnya dengan harga lebih tinggi ketika produk mulai sulit untuk didapatkan. Dan ini sangat merugikan masyarakat,” Jelas Dewan yang akrab disapa F. Rozi tersebut..

“Dalam situasi seperti ini, pemerintah perlu mengantisipasi dampak negatif dari isu lockdown ini dengan berkoordinasi dengan pihak kepolisian atau instansi terkait lainnya untuk memantau kestabilan harga barang sembako dan kebutuhan Masyarakat lainnya,” tambahnya.

“Bila memang ada yang memanfaatkan situasi ini dengan menimbun atau menaikkan harga barang, maka harus ditindak tegas,” tambah F. Rozi tegas.

“Mari menjadi pembeli yang bijak dan cobalah untuk berbelanja kebutuhan seperti yang biasa Anda lakukan, tidak perlu dalam jumlah besar. Karena itu akan meminimalisir Panic Buying yang berlebihan. Semoga wabah virus ini bisa cepat teratasi dan kehidupan Masyarakat kembali normal seperti biasanya,” tutup Anggota DPRA yang merupakan Putra Dewantara tersebut. (Red/Jba).

spot_img
spot_img
spot_img

TERBARU

spot_img
spot_img

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT

8 KOMENTAR

  1. … [Trackback]

    […] Here you will find 38501 more Info to that Topic: jaringanberitaaceh.com/politik/isu-lockdown-fakhrurrazi-h-cut-sebaiknya-pemerintah-aceh-antisipasi-panic-buying/ […]

  2. … [Trackback]

    […] Information on that Topic: jaringanberitaaceh.com/politik/isu-lockdown-fakhrurrazi-h-cut-sebaiknya-pemerintah-aceh-antisipasi-panic-buying/ […]

  3. … [Trackback]

    […] Find More here to that Topic: jaringanberitaaceh.com/politik/isu-lockdown-fakhrurrazi-h-cut-sebaiknya-pemerintah-aceh-antisipasi-panic-buying/ […]

  4. … [Trackback]

    […] Read More here to that Topic: jaringanberitaaceh.com/politik/isu-lockdown-fakhrurrazi-h-cut-sebaiknya-pemerintah-aceh-antisipasi-panic-buying/ […]

  5. … [Trackback]

    […] There you will find 6387 additional Info to that Topic: jaringanberitaaceh.com/politik/isu-lockdown-fakhrurrazi-h-cut-sebaiknya-pemerintah-aceh-antisipasi-panic-buying/ […]

  6. … [Trackback]

    […] Information to that Topic: jaringanberitaaceh.com/politik/isu-lockdown-fakhrurrazi-h-cut-sebaiknya-pemerintah-aceh-antisipasi-panic-buying/ […]

Comments are closed.