Unimal Wisuda 941 Sarjana dan Magister

 

Lhokseumawe, Jaringanberitaaceh.com- Universitas Malikussaleh (Unimal) menggelar wisuda Angkatan ke-XXVII, di Gedung ACC Kampus Uteunkot, Cunda, Lhokseumawe, Senin (22/11/2021).

Prosesi wisuda dilaksanakan selama dua hari, 20 sampai dengan 22 November 2021. Jumlahnya 941 wisudawan dari enam fakultas. 220 mahasiswa lulus dengan predikat pujian atau cumlaude.

Peraih predikat terbaik dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 67 lulusan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis 51 lulusan, Fakultas Teknik 49 lulusan, Fakultas Hukum 41 lulusan, Fakultas Pertanian 8 lulusan, serta Fakultas Kedokteran 4 lulusan.

Rektor Unimal, Prof Dr Herman Fithra menyebutkan jumlah wisudawan yang lulus dengan pujian semakin meningkat dalam setiap angkatan. Kondisi ini membuktikan mahasiswa masih mampu berprestasi secara akademik di tengah pandemi Covid-19.

Selain prestasi di bidang akademik, lanjut Herman, mahasiswa Unimal juga meraih prestasi dalam bidang lainnya sepanjang 2021, di antaranya juara tiga MTQ Mahasiswa tingkat nasional pada Oktober lalu di Padang, Sumatera Barat. Selain itu, mahasiswa juga mencatat sejumlah prestasi di tingkat nasional dan internasional sepanjang 2021.

Unimal terus berbenah di berbagai bidang dan menjadi universitas yang setara dengan kampus lain di Indonesia.

“Dulu Unimal hanya kampus di tingkat Kabupaten Aceh Utara, kini Unimal berkembang menjadi kampus nasional. Sekitar 21 ribu lebih mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia,” ujar Herman.

Menurutnya, Unimal kini sudah berubah menjadi kampus sebagai miniatur Indonesia. Mahasiswa Unimal berasal dari berbagai daerah di Indonesia, mulai dari Sabang sampai Merauke, mulai dari Miangas sampai Pulau Rote.

“Ini membuktikan Unimal menjadi pilihan utama untuk menempuh pendidikan,” kata Herman.

Rektor Unimal juga memaparkan sejumlah capaian Unimal, antara lain perbaikan Webometrics yang kini berada di urutan 30 secara nasional, atau peringkat 8 untuk seluruh kampus negeri dan swasta di wilayah Barat Indonesia.

Sementara, alumni Unimal, Zulfadhli A Thalep, mengingatkan mahasiswa akan menghadapi samudra mahaluas setelah menyelesaikan perkuliahan. Menurut anggota DPRK Aceh Utara tersebut, ilmu yang diperoleh mahasiswa selama menempuh pendidikan harus bisa diimplementasikan dalam mengarungi samudra kehidupan.

“Ilmu yang kita peroleh di bangku kuliah, masih belum cukup untuk menghadapi tantangan di luar sana. Para alumni dituntut memiliki kompetensi lain untuk mampu bersaing dalam dunia kerja,” ujar Zulfadhli, alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Mewakili wisudawan, Inggit Fipianti, mengakui banyak hal yang mereka peroleh selama menempuh pendidikan di Unimal.

“Sebagai mahasiswa yang mendapatkan beasiswa Bidikmisi, saya beruntung mendapatkan ilmu dan pengalaman selama kuliah di Unimal,” katanya.

Prosesi wisuda digelar dalam empat sesi selama dua hari dengan protokol kesehatan. Para wisudawan dan dua orang tua yang masuk, harus menggunakan aplikasi Penduli Lindungi atau menunjukkan surat sudah divaksin. (AM)

TERBARU

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT