Dosen Unimal Latih Penggunaan Biopori pada Tanaman Kopi

 

Redelong, Jaringanberitaaceh.com – Dosen Prodi Teknik Industri dan Prodi 5eknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh (Unimal) Syarifuddin, Khairul Anshar, Bakhtiar, Rizka Mulyawan, dan Agam Muarif pada Senin (22/11/2021), melaksanakan pengabdian dalam bentuk bimbingan penggunaan biopori serta pemanfaatan pupuk organik pada tanaman kopi.

Ketua tim pengabdian, Syarifuddin mengatakan tujuan pengabdian meningkatkan produktivitas kopi, khususnya petani yang memiliki lahan tanaman kopi di sekitaran Desa Pante Raya.

“Persediaan kulit kopi di Desa Pante Raya pada pascapanen ini masih kurang dimanfaatkan sebagai olahan pupuk organik, limbah kulit kopi yang selama ini dianggap sebagai bahan sisa produksi, atau limbah sampingan yang berupa kulit kopi ini jumlahnya berkisar 50-60 persen dari hasil panen” ujar Syarifuddin.

Padahal kulit kopi bisa dimanfaatkan sebagai pupuk organik, yang digabungkan dengan bahan pupuk organik lainya. Biopori yang digunakan pada tanaman kopi ini merupakan lubang resapan yang dimasukan sisa tanaman (kulit kopi, daun, dan ranting) untuk memicu perkembangan mikroorganisme, seperti cacing yang dapat membentuk pori-pori di dalam tanah sehingga lebih mempercepat perkembangan akar dan meningkatkan pertumbuhan produktivitas tanaman kopi.

Selain itu, disekitar area perkebunan juga terdapat peternakan sapi yang limbahnya sudah dikelola oleh BumDes. Sistem pengolahan limbah di peternakan itu sudah cukup baik.

Kotoran sapi dimanfaatkan sebagai biogas untuk bahan bakar mesin pencacah rumput, dan bahan bakar kompor gas bagi karyawan dan sisa kotoran yang telah diendapkan juga dimanfaatkan sebagai pupuk pada tanaman palawija.

“Kami berharap ada inovasi tentang pemanfaatan limbah seperti biogas, semaksimal mungkin agar layak dipasarkan untuk bahan bakar rumah tangga yang ada di desa ini” Harap Musaharruddin.

Fakultas Teknik Unimal juga akan menjalin kerja sama dalam banyak hal, agar dapat dikembangkan di desa untuk membangun kesejahteraan masyarakat. (AM)

TERBARU

BERITA TERHANGAT

BERITA MINGGUAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT